Wali Kota Apresiasi Digelarnya MISVE 2019

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH  sangat mengapresiasi digelarnya pameran Medan Inovasi Smesco Vest Expo (MISVE) 2019 di Ring Road City Walk, Medan, Kamis (1/8/2019). Sebab, event ini dinilai sebagai upaya mendorong dan mendukung ekonomi kerakyatan melalui pengembangan usaha kecil dan menengah serta investasi.

Apresiasi ini disampaikan Wali Kota diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Medan  Khairul Syahnan ketika membuka MISVE 2019. Di samping itu MISVE 2019 juga memberikan peluang  bagi pelaku usaha untuk memperkenalkan produk, sekaligus memberikan informasi yang mendukung pertumbuhan daya saing inovatif bagi masyarakat.

MISVE 2019 yang berlangsung mulai 1-4 Agustus dirangkaikan dengan Bazar UMKM Dinas Koperasi Kota Medan.  Puluhan stand ditampilkan untuk mempromosikan  aneka produk unggulan UMKM baik fashion,  hasil kerajinan tangan maupun kuliner. Diharapkan, semua produk yang ditawarkan dapat diterima masyarakat.

Membacakan sambutan tertulis Wali Kota, Syahnan mengungkapkan, Kota Medan memiliki potensi ekonomi kerakyatan yang cukup besar. Potensi-potensi itu secara riil ada dan bersentuhan dengan aktivitas ekonomi kerakyatan, termasuk potensi UKM yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat di Kota Medan.

"Sudah ada beberapa bukti bahwa produk UKM kita mempunyai kualitas untuk bersaing di tingkat regional, nasional bahkan International seperti tekstil, makanan sampai pada kerajinan tangan."kata Khairul Syahnan.

Meskipun demikian papar Syahnan, proses promosi UKM ini belum sepenuhnya optimal sekalipun upaya itu terus dilaksanakan. Sekaitan itulah sangat diperlukan banyak event sebagai ruang aktualisasi bagi para pelaku ekonomi kemasyarakatan.  Sebab, kegiatan promosi merupakan salah satu proses yang penting bagi rangkaian alurpemasaran barang dan jasa.

“Atas dasar itulah saya atas nama Pemko Medan, sangat mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya MISVE dan Bazar UMKM 2019 sebagai upaya mendorong dan mendukung ekonomi kerakyatan masyarakat Kota Medan. Saya nilai kegiatan ini merupakan wujud nyata adanya tekad yang kuat dari masyarakat Kota Medan untuk mempromosikan produk-produk barang dan jasa, termasuk potensi kuliner, handcraft dan kerajinan tangan lainnya,” ungkapnya.

Selain menjadi sarana promosi produk unggulan UMKM, mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan itu juga diharapkannya dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat Kota Medan. “mari kita saling menginspirasi sehingga terwujud kemandirian ekonomi daerah melalui daya inovatif yang kreatif,” harapnya.

Pembukaan MISVE 2019 turut dihadiri Kepala Bidang UMKM Koperasi dan Perdagangan DKI Jakarta DR H Yanto Siregar,  Hendro Cahyo selaku Ketua Panitia Pelaksana MISVE 2019 , Kadis Koperasi & UMKM Kota Medan Edliaty serta seluruh peserta pameran. Usai pembukaan, Syahnan pun  selanjutnya meninjau seluruh stand  sekaligus melihat produk-produk unggulan yang ditawarkan. Selain pelaku UMKM dari Kota Medan, event ini juga diikuti perwakilan dari DKI Jakarta, Naggroe Aceh Darusalam (NAD) dan Labuhan Batu Utara. (mar)