Harganas XXVI, Kota Medan Raih Penghargaan Pakarti Madya I

BANJARMASIN, POC - Kota Medan meraih penghargaan membanggakan pada puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (4/7/2019) lalu. Sebab, Kampung KB Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia keluar sebagai Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK Kes) Tingkat Nasional Kategori Kota 2019 sehingga mendapatkan penghargaan Pakarti Madya I.

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Erni Guntari Tjahjo Kumolo. Keberhasilan yang diraih Kampung KB Kelurahan Sari Rejo ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua TP PKK Pusat Nomor 13/KEP/PKK.Pst/VII/2019. Dengan keberhasilan tersebut diharapkan dapat memotivasi Kampung KB di seluruh kelurahan di Kota Medan untuk mengikuti jejak Kampung KB Kelurahan Sari Rejo.

Sejak awal mengikuti perlombaan KKBPK, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH terus  melakukan pendampingan, termasuk ketika Tim  Penilai  Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kes melakukan verifikasi akhir lapangan yang digelar di halaman Masjid Silaturahim Jalan Cinta Karya, Selasa (9/4). Verifikasi dilakukan setelah Kampung KB kelurahan Sari Rejo masuk nominasi 6 besar Tingkat Nasional.

Ternyata upaya yang dilakukan Ketua TP PKK Kota Medan tidak sia-sia. Kampung KB Kelurahan Sari Rejo akhirnya ditetapkan sebagai Pelaksana Terbaik Kesatuan gerak PKK KKBPK Kes  Tingkat Nasional Kategori Kota 2019. Oleh karenanya Hj Rita  tak dapat menutupi rasa gembiranya atas keberhasilan tersebut.

“Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas prestasi yang sangat membanggakan ini setelah  Kampung KB Kelurahan Sari Rejo berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Prestasi ini tidak terlepas berkat kerja keras kita semua dan dukungan semua elemen,” kata Hj Rita.

Dia juga berharap, prestasi membanggakan ini semakin mendorong seluruh kader PKK untuk terus membimbing dan memotivasi masyarakat guna mensukseskan program KKBPK Kes. Sebab, program ini bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. “Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, masyarakat harus mengikuti program KB yang sudah dicanangkan pemerintah,” ungkapnya.

Tak lupa Hj Rita juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginyakepada seluruh tim yang terlibat, termasuk kader PKK di Keluarahan  Sari Rejo. Sebab, berkat keras mereka akhirnya Kampung KB Kelurahan Sari Rejo berhasil mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional. (rel)