Begini Reaksi Cepat Dandim 0201/BS Tenangkan Massa Demo Di DPRD Sumut

MEDAN - Unjuk rasa yang berlangsung di gedung DPRD Sumut hingga Jumat (24/5) malam sempat memanas. Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Yuda Rismansyah, yang ikut melakukan pengamanan bergegas menenangkan massa.

Nyaris pecahnya kericuhan pada demonstrasi itu terjadi sekitar pukul 21.10 WIB. Ketika itu, massa aksi sempat melempari petugas kepolisian yang berjaga dengan botol air mineral. Massa juga menarik pagar kawat duri yang terpasang di depan pintu utama gedung DPRD Sumut.

Menyaksikan itu, kemudian Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Yuda Rismansyah, berusaha menenangkan massa. "Demo saat itu mulai memanas karena massa sudah merusak kawat berduri dan melempar botol ke polisi. Karena itu saya berusaha menenangkan," kata Dandim kepada wartawan, Sabtu (25/5/2019).

Dandim bersama salah seorang perwakilan massa melakukan mediasi agar massa tak bertindak anarkis. Upaya mediasi itu membuahkan hasil positif. Sebab perwakilan massa aksi membuat kesepakatan dengan pihak Sekretariat DPRD Sumut dengan disaksikan Dandim dan Kapolrestabes. Massa aksi kemudian membubarkan diri dengan tertib dan aman sekitar pukul 23.45 WIB.

"Akhirnya demonstrasi tenang.  Semula mereka mau menginap, tetapi akhirnya dibatalkan dan massa aksi pulang ke rumah masing-masing dengan tertib," tandas perwira lulusan Akmil 1997 tersebut. (Rom)