Komisi A Desak Pemko Medan Segera Lelang Jabatan Eselon II

MEDAN, POC - Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD & PSDM) Setda Kota Medan belum juga membuka lelang jabatan eselon II, setingkat kepala dinas atau kepala badan. Padahal, sejak Oktober 2018 lalu terdapat beberapa posisi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) kosong lantaran ditinggal pensiun.

Ketua Komisi A DPRD Medan Sabar Syamsurya Sitepu mendesak Pemko segera membuka lelang jabatan tersebut. Dia pun mempertanyakan kenapa belum juga dibuka. "Kenapa belum dibuka lelang jabatannya, mau tunggu apalagi Pemko," tanya Sabar, Rabu (23/1/2019).

Dia menegaskan, apabila telah dibuka lelang jabatan eselon II maka dilakukan secara transparan dan akuntabel. "Seleksi secara fair, jangan dicampuri dan tunggu-tunggu lagi. Nanti beralasan enggak mencapai target PAD yang telah ditetapkan, karena kepala OPD terkait masih Plt atau belum definitif," ucapnya.

Kata Sabar, jika memang beberapa jabatan eselon II yang kosong diisi tanpa harus lelang jabatan, maka lakukan rotasi atau mutasi. Namun, dalam mutasi ini jangan berdasarkan suka atau tidak suka dan juga perkawanan. "Harus betul-betul yang berkompeten apabila dilakukan mutasi untuk mengisi kekosongan beberapa posisi eselon II," tandasnya.

Sementara, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin belum mau 'buka-bukaan', terkait bagaimana kebijakan yang akan dilakukan menyusul kosongnya 6 posisi kepala OPD karena pensiun. Apakah dilakukan lelang jabatan atau mutasi, belum bisa dipastikan oleh orang nomor satu di Pemko Medan ini.

Saat diwawancarai seusai mengikuti rapat paripurna di lantai dasar gedung DPRD Medan, Eldin mengaku, pihaknya masih melakukan konsultasi untuk membuka lelang jabatan. Namun, tidak dijelaskan kapan konsultasi dilakukan sehingga lelang bisa dibuka. "Nanti, lagi sedang konsultasi ke KASN (Komite Aparatur Sipil Negara)," katanya. (maria)