Wali Kota & Kapoldasu Tinjau Pospam Serta Gereja Di Malam Natal

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto  SH MH meninjau sejumlah pospam dan gereja.
MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto  SH MH meninjau sejumlah  pos pengamanan (pospam) dan gereja di Kota Medan, Senin (24/12/2018) malam. Selain ingin melihat kesiapan seluruh petugas untuk memberikan perlindungan keamanan bagi umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah Natal sekaligus merayakan Tahun Baru 2018, peninjauan juga  dilakukan untuk memastikan pelaksanaan misa Natal yang tengah berlangsung di seluruh gereja   malam itu  berjalan dengan aman, lancar  dan damai.

Peninjauan turut dihadiri sejumlah unsur Forkopimda seperti  Wakapoldasu Brigjen Pol Mardiaz Kusin, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto serta sejumlah  pimpinan OPD di lingkungan Pemko  Medan diantaranya Kasatpol PP H M Sofyan, Kadishub  Renward Parapat serta  Kadis Kominfo Zain Noval SSTP M AP.

Sebelum peninjauan dilakukan, Wali Kota bersama Kapolda Sumut beserta unsur Forkopimda dan pimpinan OPD di  lingkungan Pemko Medan lebih dulu berkumpul di Poslantas Lapangan Merdeka Medan. Setelah itu dengan berjalan kaki, mereka selanjutnya meninjau Pospam di depan Stasiun Kereta Api.

Kemudian Wali Kota bersama Kapolda Sumut beeserta rombongan dengan menggunakan bus melanjutkan peninjauan. Kali ini yang ditinjau Gereja Gereja Kristus di Jalan MT Haryono Medan, persis depan Medan Mall. Pelaksanaan misa Natal baru saja selesai, kedatangan Wali kota dan Kapolda sumut beserta rombongan kemudian disambut Pendeta Ignatius dan jemaat dengan penuh gembira dan suka cita.

Dari Gereja Kristur, Wali Kota dan Kapolda Sumut beserta rombongan menyebrang untuk mengecek kesiapan petugas yang ada di Pospam depan Medan Mall. Dari dialog yang dilakukan, sleuruh petugas m,enyatakan siap untuk memberikan pelayanan keamanan. Kembali Kapolda Sumut dan Wali kota berpesan untuk senantiasa semangat dan selalu menjaga kesehatan sehingga pelayanan keamanan yang diberikan memuaskan masyarakat.

Usai memberikan bingkisan dan uang tali asih, Wali Kota dan kapolda Sumut beserta rombongan selanjutnya mendatamngi Gereja Katederal di Jalan Pemuda Medan. Sama dengan Gereja Kristus, pelaksanaan misa Natal di Gereja Katederal juga baru selesai. Kedatangan mereka disambut dengan penuh kegembiraan oleh  Emeritus Anicetus Sinaga OFM Cap beserta jemaat.

Selanjutnya,  Wali Kota dan kapolda sumut beserta rombongan  pun melanjutkan kunjungan ke Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat di Jalan Diponegoro, depan Kantor Gubsu. Tiba di tempat itum, jemaat tengah melaksanakan misa Natal. Setelah mengecek sejenak dan memastikan kondisi aman, Wali Kota dan kapolda sumut beserta rombongan meninggalkan lokasi dan kembali ke Poslantas di Lapangan Merdeka.

Menurut Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, peninjauan dna pengecekan dilakukan untuk  memastikan pengamanan. Selain malam itu tengah berlangsung misda Natal, masyarakat banyak yang mudik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2019 bersama anggorta keluarganya masing-masing.

Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019, Kapolda sumut mengatakan, Polri menurunkan personil sebanyak 7.700 ditambah dengan petugas dari Pemko  Medan, TNI dan pramuka. “Artinya kita Bersama-sama melakukan tugas pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019", kata Kapolda Sumut.

Sedangkan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH  menjelaskan, peninjauan sejumlah Pospam dan gereja yang dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Natakl berjalan dengan aman dan lancar. Khusus pospam, Wali kota berharap seluruh petugas dapat menjalankan tugas dengan baik dan siap memberikan bantuan pelayanan keamanan apabila masyarakat membutuhkan.

Atas dasar dedikasi para petugas di seluruh Pospam yang ada, Wali Kota menjelaskan, Pemko Medan memberikan bingkisan dan uang tali asih. “Kita mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada para petugas, sebab mereka tanpa rasa lelah sedikit pun terus memberikan pelayanan keamanan kepada masyarakat, terutama umat kristiani yang menjalankan ibadah Natal sehingga merasa aman dan damai,” jelas Wali kota. (mar/rel)