Dukung Kecamatan Parmaksian, PT Toba Pulp Lestari Serahkan Bantuan 285 Unit Tong Sampah

PARMAKSIAN, POC - Sebagai komitmen untuk mendukung Kecamatan Parmaksian sebagai Kecamatan terbaik di kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dan di provinsi Sumatera Utara (Sumut) khususnya di bidang lingkungan, PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) melalui program community development (CD),  kembali menyerahkan 285 unit tong sampah kepada pemerintah kecamatan Parmaksian yang kemudian diserahkan langsung ke sejumlah sekolah dan desa di kecamatan Parmaksian, Kamis (29/11/2018). Hingga saat ini total penyaluran tong sampah sebanyak 300 unit di Kecamatan Parmaksian.

Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar, mengapresiasi kepedulian perusahaan yang terus menerus mendukung kecamatan Parmaksian menjadi lebih bersih dan asri.

"Kami terus berbenah diri dan berusaha semaksimal mungkin agar Parmaksian semakin bersih. Kepada seluruh warga kami terus mengimbau untuk membiasakan hidup bersih dan selalu membuang sampah pada tempatnya, karena tong sampah dan bak sampah permanen sudah disediakan TPL,” ujar Paiman Butarbutar.

Hal senada diungkapkan Kepala SDN (Sekolah Dasar Negri) 173642 Hasahatan, Taruli Butarbutar yang mengatakan bahwa bantuan yang diberikan perusahaan sangat baik dan bagus.

"Kami berterimakasih karena sekolah kami menerima dua unit tong sampah, sehingga total tong sampah yang kami miliki menjadi tiga tong sampah,” ujar Taruli Butarbutar. SDN (Sekolah Dasar Negri) 173642 Hasahatan, Taruli Butarbutar saat ini memiliki 143 siswa.

Kepala SDN 173643 Pangombusan, Erika Purba, juga menyambut baik peran serta TPL dalam menjalankan program Sekolah Adiwiyata terhadap sekolah yang memiliki jumlah siswa 268 orang.

"Kami berterimakasih kepada perusahaan dan programmnya sangat bagus. Kami mendukung bantuan ini karena sekolah kami adalah Sekolah Adiwiyata. Kami selalu mengimbau para siswa untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujar Erika Purba.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang telah menerapkan sistem dengan maksud untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Manajer CD TPL, Ramida Siringoringo, mengatakan bahwa perusahaan mendukung penuh kecamatan Parmaksian sebagai contoh dan menjadi inspirasi bagi kecamatan lainnya di kabupaten Tobasa sebagai kecamatan yang bersih dan asri.

“Kami berharap bantuan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh warga dan adik-adik siswa sekolah di kecamatan Parmaksian sehingga pola hidup bersih dan sehat sudah tumbuh sejak dini,” ujar Ramida.

Sebelumnya, PT.Toba Pulp Lestari, Tbk juga menyerahkan15 unit tong sampah di desa Siantar Utara (Siruar) dan 12 unit bantuan bak sampah permanen kepada 11 desa di wilayah Kecamatan Parmaksian, Oktober lalu. Bantuan 12 ini menggunakan Dana CD TPL, yang menelan angaran sebesar Rp51,4 juta. Bak sampah permanen ini berukuran panjang 2 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1 meter.

Selain itu, TPL juga telah menyerahkan satu unit truk sampah kepada kecamatan Parmaksian untuk mengangkut sampah warga dari bak sampah permanen dan tong sampah.(rel/rom)