Band Macan Kumbang Satgas Yonif 121/MK Tampil Memukau Di Papua

PAPUA, POC - Festival Cross Border Keerom 2018 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara terutama dari negara tetangga Papua Nugini (PNG) yang berbatasan darat langsung dengan Negara Indonesia di Provinsi Papua. Untuk Provinsi Papua sendiri sebenarnya  di tahun 2018 ini sudah 2 kali menggelar Festival Cross Border di pintu masuk Provinsi Papua yang ada di Skow Jayapura yang tidak jauh dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) , namun kali ini sengaja diadakan di Kabupaten Keerom yang berada lebih jauh sedikit memasuki wilayah Indonesia.

Bertempat di Lapangan Swakarsa Distrik Arso Kabupaten Keerom Papua Festival Cross Border berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 15 hingga 17 November 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Keerom Drs. Blasius Waluyo Sejati. MM, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Yohanes Parinusa, Kapolres Keerom AKBP Muji W.H serta Komandan Satgas Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal.

Dalam kegiatan tersebut Band Macan Kumbang Satgas Yonif 121/MK yang diundang langsung oleh panitia penyelenggara tampil untuk memeriahkan dan menghibur para pengunjung yang hadir baik dari dalam negeri maupun para wisatawan asing. Band Macan Kumbang yang merupakan komposisi dari personil Satgas Yonif 121/MK yang sebelumnya juga telah tampil di 2 acara Festival Cross Border sebelumnya di Skow Jayapura tampil membawakan lagu-lagu pop Indonesia maupun lagu-lagu khas dari Papua.

Band Macan Kumbang yang tergabung dalam Satgas Yonif 121/MK dari Kodam I/Bukit Barisan dan merupakan pasukan pengamanan batas negara antara Indonesia dan PNG sudah beberapa kali turut mengisi berbagai acara, baik acara-acara yang diselenggarankan oleh pemerintah daerah maupun acara yang diadakan sendiri oleh Satgas Yonif 121/MK untuk menghibur warga di daerah pedalaman yang berada dekat dengan perbatasan negara.

Dari pantauan di lapangan acara Fastival Cross Border hari pertama ini dihadiri kurang lebih 1000 orang baik dari dalam negeri maupun dari negeri tetangga Papua Nugini. (rel/rom)