Taman Kota Butuh Pengawasan dan Penambahan Fasilitas

MEDAN, POC - Kondisi taman kota yang ada di Kota Medan saat ini masih sangat perlu dilakukan pembenahan dan penambahan fasilitas. Bahkan di beberapa taman kota, fasilitas bermain dan olahraga juga perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Taman kota juga hendaknya bebas dari kendaraan parkir karena ini sangat mengganggu pemandangan," ujar Ketua Komisi D DPRD Medan, Ir Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Jumat (3/8/2018).

Disebutkannya, Pemko Medan melalui dinas pertamanan hendaknya melakukan perawatan dan peliharaan secara berkala, jangan bersifat temporer. Warga Medan sangat mengharapkan ada pembenahan agar taman-taman kota bisa nyaman dan asri. Warga kebanyakan mempergunakan lokasi taman kota untuk menikmati sejuknya pepohonan sembari berolahraga.

"Tapi apa jadinya kalau taman kota hanya dilengkapi fasilitas terbatas, ditambah kurangnya pemeliharaan. Terutama fasilitas bermain anak, hendaknya bisa dilengkapi Pemko Medan, agar warga bersama keluarga bisa bermain di tamah kota,"ucap politisi Demokrat ini.

Ucapan sama juga disampaikan Anggota Komisi D Drs Daniel Pinem yang menyebutkan, taman kota memang harus terus menerus dirawat, agar asri dan nyaman. Namun tetap harus ada petugas pengawas, agar fungsi taman tidak disalahgunakan.

"Kan banyak kita lihat orang berpacaran di taman, ini perlu diawasi. Agar taman tidak dijadikan lokasi mesum. Selain itu diperlukan juga pengawasan agar fasilitas taman terjaga," ujar Daniel.

Untuk itu diharapkan kepada Pemko melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan memfasilitasi kebutuhan masyarakat di taman-taman kota dengan fasilitas olahraga dan tempat bermain anak. "Setidaknya ada manfaat dirasakan warga dengan adanya taman kota ini, "ujar Politisi PDI Perjuangan ini mengakhiri.

Untuk diketahui Kota Medan memiliki sejumlah taman kota. Diantaranya, Taman Teladan, Taman Kebun Bunga, Taman Ahmad Yani, Lapangan Merdeka, Taman Sri Deli, Taman Cadika Pramuka, dan banyak lagi. (mar)