Walikota Medan Hadiri Rakernas APEKSI -->

Advertisement

Advertisement

Walikota Medan Hadiri Rakernas APEKSI

Rabu, 25 Juli 2018

TARAKAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri acara Welcome Dinner yang digelar dalam rangka menyambut pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XIII tahun 2018 di Taman Sekampung Jalan Sei  Sesayap, Kota Tarakan, Kalimantan Timur, Selasa (24/7/2018).


Dalam sambutannya, Wali Kota Tarakan Ir Sofian Raga MSi mengucapkan terima kasih kepada Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani SH MH beserta seluruh Wali Kota yang tergabung dalam APEKSI, karena telah mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI XIII tahun 2018  yang berlangsung mulai 24-28 Juli mendatang.


Secara ringkas Sofian memaparkan tentang Kota Tarakan yang memiliki luas sekitar 258  km2 dengan jumlah penduduk 253.000 jiwa. Diungkapkannya, ada 2 sejarah yang terjadi di Kota Tarakan yang tidak bisa dilupakan masyarakatnya. Pertama di tahun 1896, Pemerintah Hindia Belanda sudah datang ke Kota Tarakan untuk mengeksploitasi minyak. Sedangkan yang kedua, pecahnya perang dunia kedua tahun 1942, dimana Kota Tarakan menjadi tempat pertempiran sengit antara Belanda, Jepang dan Australia.


"Guna mengingatkan peristiwa penting dan bersejarah ini, kami mendirikan dua museum yakni museum perminyakan serta museum perang dunia kedua yang terjadi di Tarakan,” katanya menambahkan akan berupaya menjadikan Tarakan sebagai kota perdagangan, industri, jasa, perikanan dan pariwisata.


Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi yang hadir didampingi sejumlah pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, termasuk Kabag Hubungan Kerjasama M Rivai Nasution berharap Rakernas APEKSI menghasilkan keputusan yang bermanfaat dalam upaya memajukan kota yang tergabung di APEKSI.


Apalagi ungkap Wali Kota, sebelum Rakernas APEKSI, para Wali Kota telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, sejumlah usulan disampaikan kepada Presiden. “Semoga apa yang kita usulkan itu dapat ditindaklanjuti Bapak Presiden, sebab intinya untuk kemajuan seluruh kota,” jelas Eldin.


“Di samping itu dalam Rakernas APEKSI ini, seluruh Wali Kota akan membahas tentang permasalahan yang dialami kota serta memberikan masukan kepada pemerintah melalui rekomendasi yang dihasilkan nantinya. Yang lebih penting lagi, melalui Rakernas APEKSI ini terus kita bangun semangat kebersamaan untuk terus membangun dan melakukan inovasi sehingga masing-masing kota menjadi lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya.


Pelaksanaan welcome dinner berlangsung meriah. Wali Kota Tarakan menyambut satu persatu Wali Kota yang datang, termasuk Wali Kota Medan. Setelah itu Wali Kota Tarakan memberi cindera mata sebagai ungkapan rasa terima kasih sekaligus bentuk penghormatan atas kedatangan mereka ke kota yang dikenal dengan julukan Bumi Paguntaka tersebut. (mar/rel)