BPTSP Medan Luncurkan Program Jumat Berkah, Hanya 30 Menit, Izin Usaha Selesai -->

Advertisement

Advertisement

BPTSP Medan Luncurkan Program Jumat Berkah, Hanya 30 Menit, Izin Usaha Selesai

Jumat, 12 April 2019

MEDAN, POC - Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Kota Medan menghadirkan program Jumat Berkah yang ditujukan bagi seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Melalui program ini, BPTSP ingin membantu mempermudah pelayanan dalam pengurusan izin usaha. Apabila persyaratan  dipenuhi, maka proses pengurusan izin usaha langsung siap hanya dalam waktu 30 menit.
Demikian terungkap ketika Kepala BPTSP Kota Medan Ir Qamarul Fattah mengoperasikan program Jumat Berkah  di Kantor BPTSP Jalan AH Nasution Medan, Jumat (12/4). Selain mempermudah pelaku UMKM mengurus izin usaha, program ini juga guna mendukung  upaya Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mewujudkan Kota Medan sebagai Smart City.

"Program Jumat Berkat ini kita khususkan bagi seluruh para pelaku UMKM dengan modal di bawah Rp. 30 juta dan omset di bawah Rp.300 juta.  Melalui program ini, kita bantu mereka (UMKM) untuk mengurus izin usaha dengan mudah dan cepat sehingga usaha yang digeluti terdaftar secara legal. Dengan kemudahan ini, kita harapkan seluruh pelaku UMKM dapat mengurus izin usahanya,” kata Qamarul.

Selama ini ungkap Qamarul, ada persepsi di kalangan pelaku UMKM sangat sulit dan memakan waktu lama saat pengurusan izin usaha dilakukan. Oleh karenanya melalui program Jumat Berkah ini bilang Qamarul, BPTSP ingin merubah image negatif tersebut. “Program Jumat Berkah merupakan salah satu upaya yang kita lakukan untuk merubah image negatif tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya Qamarul memaparkan,  berdasarkan data yng diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 9.400 pelaku UMKM yang ada di Kota Medan. Dari jumlah tersebut, masih banyak pelaku UMKM yang belum mengurus izin usahanya. Dengan kemudahan dan cepatnya proses pengurusan melalui program Jumat Berkah, Qamarul berharap para pelaku UMKM yang belum mengurus izin usaha segera melakukan pengurusan sehingga usaha yang dilakoninya tercatat dan terdaftar secara legal.

Dengan program Jumat Berkah, mantan Asisten Ekbang Setdako Medan itu ingin menginvetarisir seluruh UMKM yang ada di Kota Medan. Setiap pelaku UMKM mengurus izin usaha, BPTSP  langsung mencatatnya dan merekapnya melalui sistem Online Single Submission OSS. Dengan begitu BPTSP ke depannya akan memiliki data base yang lengkap mengenai UMKM di Kota Medan.

Selanjutnya guna mendukung kelancaran pengurusan izin usaha yang diajukan pelaku UMKM, Qamarul berharap aplikasi yang dimiliki tidak menemukan kendala saat memberikan pelayanan. Dengan demikian keinginan untuk memberikan kemudahan dan singkatnya pengurusan izin usaha pelaku UMKM dapat diwujudkan.

Agar seluruh pelaku UMKM  mengetahui adanya program Jumat Berkah ini, terang Qamarul, BPTSP akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan. Tujuan koordinasi yang dilakukan paparnya, agar pelaku UMKM di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM dapat mengurus izin usahanya dengan memanfaatkan program Jumat Berkah.

“Kita harapkan Dinas Koperasi dan UMKM dapat mengumpulkan pelaku UMKM hasil binaan mereka, setelah terkumpul beberapa pelaku UMKM, bawa ke BPTSP dan kita selesaikan proses pengurusan izin usahanya. Insya Allah dalam satu hari, seluruh pengajuan izin usaha yang diajukan akan kita selesaikan,” paparnya.

Di samping itu tambah Qamarul lagi, BPTSP juga akan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam pengurusan izin usaha saat menyambut HUT Kota Medan. Selain izin usaha, juga dipemrudah pengurusan  izin merek usaha. “Kita upayakan  penyelesainanya hanya dalam waktu 30 menit,”katanya menegaskan izin usaha sangat penting dimiliki para pelaku UMKM. Sebab, izin usaha yang dimiliki menjadi salah satu persayaratan harus dipenuhi dalam pengurusan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). (mar)