PDAM Tirtanadi Ganti Cos Panel Pompa, Distribusi Air Terganggu di Wilayah Ini -->

Advertisement

Advertisement

PDAM Tirtanadi Ganti Cos Panel Pompa, Distribusi Air Terganggu di Wilayah Ini

Selasa, 19 Maret 2019

MEDAN, POC - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya pemadaman aliran listrik dari PLN di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Deli Tua, PDAM Tirtanadi melakukan penggantian Change Over Switch (COS) di Panel Pompa Distribusi FWP 505 IPAM Deli Tua.

Hal ini disampaikan Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi Jumirin kepada media melalui siaran persnya, Selasa (19/03/2019).

“Change Over Switch (COS) atau Tuas pengalih daya dari listrik PLN ke Genset di Panel Pompa Distribusi FWP 505 IPAM Deli Tua saat ini rusak dan harus di ganti,” jelas Jumirin

Menurut Jumirin, penggantian COS di Panel Pompa Distribusi FWP 505 tersebut harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pendistribusian dari IPAM deli Tua bila terjadi pemadaman listrik dari PLN di kawasan IPAM Deli Tua.

“Jika Tuas atau COS di Panel Pompa Distribusi tidak diganti maka apabila terjadi pemadaman aliran listrik, pompa distribusi tidak bisa operasi, akibatnya pendistribusian air akan terganggu,” kata Jumirn.

Penggantian COS di Panel Pompa Distribusi FWP 505 tersebut dilakukan pada hari Rabu (20/03/2019) mulai pukul 22.00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 01.00 WIB.

Selama pelaksanaan pekerjaan, kapasitas produksi IPAM Deli Tua turun dari 1.600 liter/detik menjadi 1.100 liter/detik atau mengalami penurunan sekitar 500 liter/detik akibatnya beberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi mengalami gangguan baik dari segi kualitas, kuantitas dan kontinutas.

“Kapasitas produksi IPAM Deli Tua akan mengalami penurunan sekitar 500 liter/detik selama 3 jam. Mudah-mudahan dampaknya tidak terlalu mengganggu pelanggan kami,” ujar Jumirin.

IPAM Deli Tua akan beroperasi normal seperti biasanya pada pukul 01.00 WIB dinihari Kamis (21/03/2019) namun proses pemadatan air di pipa dan pemadatan tekanan air memerlukan waktu yang cukup lama dan diperkirakan pendistibusian air kepada pelanggan baru akan normal kembali pada siang hari Kamis.

Adapun wilayah yang mengalami dampak penurunan produksi air IPAM Deli Tua tersebut yakni :

1.        Cabang Deli Tua :

Jl. Medan Deli Tua dari Pekan Deli Tua s/ Titi Kuning, Jl. Stasiun, Jl. Sari/ Jl. Benteng, Jl. Marindal, Kompleks Perumahan Bumi Serdang Damai, Jl. Kedai Durian

2.        Cabang Medan Amplas :

Jl. Brigjend. Katamso, Jl. STM, Jl. Sakti Lubis, Jl. Garu I – II.

3.        Cabang Medan Kota :

Jl. SM. Raja, Jl. Air Bersih, Jl. Avros, Jl. Saudara, Jl. Pelangi, Jl. Sempurna,          Jl. HM. Joni, Jl. Halat, Jl. Amaliun, Jl. Laksana, Jl. Ismailiyah.

4.        Cabang Tuasan :

Jl. Pancing, Jl. Selamet Ketaren, Jl. Perjuangan, Jl. Keruntung, Jl. Letda. Sujono, Jl. RSU. Haji.

5.        Cabang HM. Yamin

Jl. Gurilla, Jl. Serdang, Jl. Pimpinan, Jl. Sentosa Baru.

6.        Cabang Medan Denai

Jl. Bakti, Jl. Pasar merah, Jl. Pelajar Timur, Perumnas Mandala, Jl. Mandala By Pass.



“Kami mohon maaf atas gangguan ini, kepada pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terdekat atau melalui layanan Halo Tirtanadi ke nomor 1500922,” pungkas Jumirin. (mar)