Peduli Masyarakat, Lantamal I Berbagi Salurkan Sembako -->

Advertisement

Advertisement

Peduli Masyarakat, Lantamal I Berbagi Salurkan Sembako

Senin, 18 Mei 2020

pewartaonline.com | BELAWAN- Ditengah Pandemi Covid-19, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) bekerjasama dengan Sahabat Lantamal melaksanakan bhakti sosial pembagian bahan makanan pokok dan masker di Belawan kota medan, Sumatera Utara, Senin (18/05/2020).
Bhakti sosial pembagian sembako merupakan bentuk kepedulian antar sesama pada masa Pandemi Covid-19 berlangsung. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan bantuan dari Sahabat Lantamal I diantaranya PSMTI, HAQI, T.A.L Medan, Gabungan Pengusaha Gabion dan Yayasan UBN Indonesia. Pelaksanaan pembagian sembako tersebut sudah dimulai beberapa pekan lalu. Senin ini memasuki tahap ketiga pembagian yang pelaksanaannya masih tetap berusaha menyisir masyarakat membutuhkan terdampak Covid-19 di daerah pelosok serta untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan sebelumnya.
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M. menyampaikan “Lantamal I telah dan masih terus menyalurkan bahan makanan pokok bantuan dari Sahabat Lantamal. Sampai dengan saat ini sudah sebagian besar tersalurkan dari bantuan yang terkumpul sebanyak 7,5 Ton beras, 10.000 bungkus mie instant dan 1.200 buah masker," ucapnya.

Lanjut dikatakannya, Sebagian kita sampaikan bantuan sembako di tengah laut agar Personel Lantamal I bisa bertemu langsung dengan nelayan yang sedang melakukan aktifitas penangkapan ikan di perairan Belawan sambil mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker dan melakukan pola hidup sehat untuk mencegah penularan Covid-19” pungkasnya.

Selain di laut, Lantamal I menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat di sekitar Belawan, Martubung, Cinguan, Kampung Nelayan Belawan dan Kampung Nelayan Pelangi yang merupakan desa binaan Lantamal I dalam Program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang ada di wilayah kerja Lantamal I.

Dalam pelaksanaanya di lapangan, Lantamal I melakukan pembagian dari rumah ke rumah sehingga tidak terjadi berkumpulnya masa sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

“Martubung kita sisir pada saat banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini, semoga ini menjadi bentuk penghiburan dan tali asih dengan masyarakat disana ditengah pandemi ini. Selain itu, saya terus perintahkan kepada jajaran Pom Lantamal I untuk selalu melakukan patroli dan menghimbau masyarakat di sekitar Belawan serta Komplek Perumahan Angkatan Laut yang tersebar di Wilayah Medan untuk selalu melakukan sosialisasi berpola hidup sehat, menjaga jarak/social distancing dan menggunakan masker sebagai upaya dalam pencegahan penularan Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini,” tegasnya.

Pembagian sembako yang melibatkan seluruh personel Lantamal I baik itu Personel Militer, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan PNS juga diikuti oleh istri – istri prajurit Lantamal I yang tergabung dalam Jalasenastri Korcab I Daerah Jalasenastri Armada I. Jalasenastri Korcab I sebelumnya telah berkreasi secara mandiri membuat ratusan masker untuk turut serta dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan akibat kelangkaan dan mahalnya masker di pasaran.

“Diharapkan hari ini Lantamal bisa menyelesaikan pembagian sembako tahap ketiga ini, tanpa menutup kemungkinan akan kembali melakukan pembagian apabila ada Sahabat Lantamal I yang akan menyalurkan bantuannya. Lantamal I akan selalu berupaya menjangkau masyarakat terdampak Covid-19 di pelosok yang sebelumnya belum tersentuh mendapatkan bantuan pada masa Covid-19 berlangsung,” tandas Danlantamal I. (Kinoi)