Daftar Wilayah Wajib Gunakan MyPertamina untuk Beli BBM -->

Advertisement

Advertisement

Daftar Wilayah Wajib Gunakan MyPertamina untuk Beli BBM

Kamis, 26 Januari 2023


Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga masih melakukan uji coba penerapan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan MyPertamina. Setidaknya, sejak Desember 2022 ada 11 kabupaten/kota di Indonesia yang dilakukan uji coba.

"Mulai 1 Desember 2022 akan dilakukan uji coba terkait penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah," tulis Pertamina pada akhir tahun lalu seperti dikutip dari akun instagram MyPertamina, Kamis (26/1).

Pertamina menyatakan uji coba ini dilakukan sebagai persiapan pelayanan bagi seluruh masyarakat. Selain itu, uji coba juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai transaksi menggunakan kode QR.

Dalam uji coba ini, masyarakat yang ingin mengisi solar akan diminta untuk menunjukkan kode QR di aplikasi MyPertamina pada petugas di SPBU. Kemudian, petugas akan memindai kode QR sebelum melakukan transaksi.

Sebagai catatan, kode QR tidak wajib diakses melalui gadget. Kode tersebut dapat dicetak dan di bawa ke SPBU sangat akan mengisi bahan bakar.

Pertamina menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mendata pembeli yang berhak untuk mendapatkan BBM subsidi, terutama kendaraan roda empat.

Berikut daftar 11 wilayah yang tengah menerapkan uji coba pembelian solar dengan kode QR MyPertamina:

1. Kabupaten Pandeglang
2. Kabupaten Ciamis
3. Kabupaten Kuningan
4. Kabupaten Jepara
5. Kabupaten Cilacap
6. Kabupaten Wonogiri
7. Kota Mojokerto
8. Kota Kediri
9. Kabupaten Lumajang
10. Kota Banjarmasin
11. Kota Payakumbuh

Namun, jumlah ini terus bertambah karena mulai hari ini, uji coba pembelian BBM khusus solar melalui aplikasi MyPertamina ikut dilaksanakan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.(red)