Ketua UPP Sumut tutup Kegiatan Rapat Kerja Anev. UPP Sumut Tahun 2021 -->

Advertisement

Advertisement

Ketua UPP Sumut tutup Kegiatan Rapat Kerja Anev. UPP Sumut Tahun 2021

Jumat, 03 Desember 2021




Berastagi,


Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sumatera Utara mengadakan Raker. Anev. UPP Sumut Tahun 2021, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Desember 2021 di Berastagi Cottage Kabupaten Karo, Sumatera Utara.


Raker ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan tema " Optimalisasi kinerja UPP se-Provinsi Sumut dalam rangka mewujudkan Kabupaten / Kota bebas Pungli, untuk Sumut bermartabat dan Indonesia tangguh. "


Hadir dalam kegiatan tersebut, 

Wakil Ketua I UPP Sumut Lasro Marbun, Sekretaris Umum UPP Sumut Erwin H Hasibuan, Pokja Ahli Dr. Alpi dari UMSU dan Dr. Haslinda dari UISU, Kapokja Pencegahan AKBP Parluatan Siregar, Kapokja Penindakan AKBP Patar Sialahi, mewakili Kapokja Intelijen, mewakili Kapokja Yustisi, Sekretariat UPP Sumut, para Kapokja UPP Kabupaten / Kota. 


Kegiatan Raker diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, laporan pelaksanaan kegiatan-kegiatan UPP Sumut oleh Sekum UPP Sumut Erwin H Hasibuan. 


Setelah Ketua MAPI memberikan kata sambutan, selanjutnya sambutan dari Ketua UPP Sumut yang diwakili oleh Lasro Marbun sekaligus pembukaan acara Raker Anev. UPP Sumut. 

Dalam  sambutan tersebut Lasro mengatakan, agar adanya peningkatan sinegitas antar masing-masing Pokja dalam pencegahan  dan pemberantasan pungli, karena sinergitas masih sangat rendah, belum terdapat inovasi-inovasi dari masing-masing Pokja maupun UPP Kabupaten /Kota, begitu juga tentang jumlah laporan belum terakomodir dengan baik karena operator belum maksimal dalam menginput data, agar masing-masing Pokja bekerjasama dengan baik agar pencegahan dan pemberantasan pungli di Sumut berjalan maksimal.


Kemudian dilanjutkan paparan masing-masing Kapokja UPP Sumut tentang hasil pelaksanaan tugas Tahun 2021 dan program kerja Tahun 2022 Kabupaten /Kota yang dipimpin oleh moderator Dr. Alpi Sahri, paparan Kapokja Intelijen disampaikan oleh Iptu E. Sianturi, paparan Kapokja Pencegahan, paparan Sekretaris Umum UPP Sumut, paparan Kapokja Penindakan, paparan Pokja Yustisi. 


Dr. Haslinda selaku moderator dalam paparan dari perwakilan UPP Kabupaten / Kota tentang hasil pelaksanaan tugas Tahun 2021 yakni, paparan Ketua UPP Asahan, paparan Ketua UPP Belawan, paparan Ketua UPP Taput. 


Sekitar pukul 17.30 WIB , Ketua UPP Sumut KBP Drs. Armia Fahmi, MH tiba ditempat kegiatan, dan dilanjutkan pembacaan pemenang kinerja terbaik Kabupaten / Kota. 


UPP Kabupaten Taput mendapat peringkat terbaik, sedangkan Pokja Terbaik dibidang Yustisi yakni terbaik I Pokja Sergai, ke-2 Belawan, ke-3 Deli Serdang. 


 Dibidang Penindakan terbaik I  Belawan, terbaik ke-2 Sergai  terbaik ke-3 Deli Serdang. Dibidang Intelijen diberikan kepada terbaik I Asahan, terbaik ke-2 Tapsel, terbaik ke-3 Paluta. Bidang Pencegahan terbaik I jatuh pada Taput, terbaik ke-2 Paluta, terbaik ke-3 Asahan. 


Dalam arahan / penekanan dan penutupan kegiatan oleh Ketua UPP Sumut mengatakan, UPP bukan sebagai tugas tambahan namun juga sebagai tugas pokok, tingkatkan keaktifan masing-masing Pokja dan UPP Kabupaten / Kota, UPP Kabupaten / Kota agar ajukan penambahan anggaran untuk mendukung kegiatan UPP.


Sebelum acara selesai, diadakan giat foto bersama, dan sekitar pukul 18.20 WIB, kegiatan Rapat Kerja dan Anev UPP Se Prov. Sumut selesai dilaksanakan.


Dalam pelaksanaannya Raker Anev. UPP Sumatera Utara ini berjalan aman dan kondusif, serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan secara ketat. (Johanes)