Lantamal I Belawan Melaksanakan Donor Darah di PMI Kota Medan -->

Advertisement

Advertisement

Lantamal I Belawan Melaksanakan Donor Darah di PMI Kota Medan

Jumat, 23 Oktober 2020


pewartaonline.com
| BELAWAN- Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan melaksanakan donor darah melalui para calon-calon prajurit TNI AL pria dan wanita di Markas Komando Lantamal I Belawan, Jalan Serma Hanafiah no.1 Belawan, Jumat (23/10/2020).


Donor tersebut untuk menanggulangi stock darah yang berkurang di saat pandemi Covid-19 di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) kota Medan. 

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Lantamal I dalam hal ini Dinas Kesehatan serta Palang Merah Indonesia (PMI) kota Medan dengan jumlah peserta 180 orang yang merupakan calon-calon prajurit sedang melaksanakan seleksi masuk TNI AL.

Komandan Lantamal I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso mengatakan. "Untuk membantu masyarakat kota Medan yang sedang membutuhkan darah pada kondisi sakit di masa pandemi Covid-19, sedangkan stok darah di PMI yang semakin berkurang. Maka, Lantamal I Belawan tergerak untuk melaksanakan donor darah yang diikuti oleh calon-calon prajurit TNI AL pria dan wanita sedang melaksanakan test seleksi masuk TNI AL sekaligus pemeriksaan darah untuk kesehatan kedua bagian penyakit dalam," tuturI Made Wahyu Santoso.

"Donor darah ini juga tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan. Sedangkan petugasnya menggunakan pakaian khusus baju Hazmat sebagai alat pelindung," kata Kepala Dinas Kesehatan Lantamal I Letkol Laut (K) Drg. Yeti Triatni, Sp.Ot.

Salah seorang calon prajurit TNI AL, Phanny Namora Daulay, juga mengatakan. " Saya pribadi mengenai pelaksanaan donor darah ini, sangat senang dan bangga bisa berbuat sesuatu untuk membantu masyarakat kota Medan yang sangat membutuhkan darah untuk keperluan medis disaat pandemi Covid-19. Disamping membantu, masyarakat dengan donor darah juga dapat menjaga kesehatan sendiri supaya tetap bugar," ucapnya. (Kinoi)