Tim Gabungan Lanal TBA Lantamal I, Bea Cukai dan Polair Tanjung Balai Tangkap Kapal Bermuatan Balpress -->

Advertisement

Advertisement

Tim Gabungan Lanal TBA Lantamal I, Bea Cukai dan Polair Tanjung Balai Tangkap Kapal Bermuatan Balpress

Senin, 13 Juli 2020

pewartaonline.com | ASAHAN- Tim gabungan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) Lantamal I bersama Bea Cukai dan Polair Kota Tanjung Balai berhasil menangkap dan mengamankan 1 unit Kapal Kayu "KM. Doa Ibu" GT 31 yang bermuatan 300 karung Balpress Pakaian Bekas. Di Sungai Baru Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (11/7/2020).

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris, M.Sc (MS) mengatakan, "Penangkapan berawal dari didapatinya sejumlah warga yang sedang melakukan bongkar muat belasan bal pakaian bekas diduga dari langsiran kapal kecil di Sei Baru, Asahan. Dari temuan tersebut dilakukan Patroli Gabungan Tim F1QR Lanal TBA, Bea Cukai dan Polair Kota Tanjung Balai yang kemudian menemukan  1 unit kapal Kayu yang dalam keadaan kandas di sekitar Perairan Sei Baru pada Sabtu dinihari kemarin. Saat itu Tim Patroli Gabungan memutuskan untuk memeriksa Kapal Kandas tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Tim Patroli Gabungan, didapati Kapal bernama KM. Do'a Ibu GT.31 No. 1026 dalam keadaan tanpa awak yang diduga telah melarikan diri sebelum petugas datang. Pemeriksaan lanjutan tidak berhasil menemukan dokumen/surat keterangan apapun terkait kapal maupun muatan berupa Balpress yang diperkirakan mencapai 300 bal," Papar Danlanal.

Balpress merupakan pakaian ketinggalan mode/bekas dengan satuan satu balpres sama dengan 100 kilogram dan biasanya berisi 200-300 pasang pakaian. Seperti diketahui balpres merupakan produk yang dilarang impornya berdasarkan keputusan Menteri Perdagangan, karena mengganggu industri tekstil dan konveksi dalam negeri.

Danlanal menambahkan, "modus operandi yang digunakan para pelaku, balpres diangkut dari negeri tetangga, Kapal berusaha melewati lautan lepas untuk menghindari patroli petugas dengan situasi alam yang ekstrim. Kemudian mereka akan melangsir menggunakan kapal-kapal kecil untuk memasuki alur," terangnya

"TNI AL, Khususnya Lanal Tanjung Balai Asahan Lantamal I saat ini sedang gencar melakukan patroli baik tersendiri maupun secara gabungan seperti saat mendapati KM. Do'a Ibu. Lanal Tanjung Balai Asahan akan selalu berupaya mencegah masuknya penyelundupan yang berusaha memasukan tenaga kerja ilegal, komoditi bahkan narkoba yang berusaha masuk atau keluar melalui perairan yang menjadi wilayah kerja Lanal Tanjung Balai Asahan Lantamal I," Tegas Danlanal.

Selanjutnya terhadap KM. Do'a Ibu dibawa ke Pangkalan Sarops Kanwil Bea Cukai Sumut di Belawan dengan pengawalan dari BC Teluk Nibung dan Kapal Patroli BC 20009 setelah selama pengisian BBM sampai dengan kapal bertolak dari Muara Sei Baru dilakukan pengamanan oleh Tim Sea Rider Lanal Tanjung Balai Asahan. (Kinoi)