Pelindo I Siapkan Layanan Prima Jelang Natal 2019 & Tahun Baru 2020 -->

Advertisement

Advertisement

Pelindo I Siapkan Layanan Prima Jelang Natal 2019 & Tahun Baru 2020

Senin, 16 Desember 2019

MEDAN, POC- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I terus memperkuat layanan operasional untuk menghadapi peak season Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sejalan dengan proyeksi lonjakan penumpang yang diperkirakan akan berlangsung dari tanggal 28 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 pada delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo I yakni meliputi Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis dan Seimbang Kolak Kijang.

Peningkatan layanan dan operasional tersebut dilaksanakan secara menyeluruh dari segala sisi baik kesiapan SDM, Fasilitas, pelayanan kapal, pelayanan penumpang, sarana dan prasarana serta aspek lainnya.

Syahputera Sembiring selaku Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I menjelaskan, bahwa persiapan yang dilaksanakan Pelindo I menjelang peak season Natal dan Tahun baru 2020 dilaksankan di seluruh layanan Pelindo I untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang dan pengguna jasa.

" Pelindo I secara intensif berkoordinasi dengan tim terpadu pelayanan dan anak monitoring yang terdiri dari, Kesyahbandar, Otoritas Pelabuhan, Polri, TNI-AL, Bea cukai, Karantina, Imigrasi dan kesehatan pelabuhan untuk memantau kelancaran angkutan arus mudik natal 2019 dan tahun baru 2020. Sehingga kami berharap semua aspek operasional dapat selalu termonitoring dengan baik," jelas Syahputera Sembiring.

Lanjut dikatakannya, Pelindo I juga mempersiapkan Posko bersama yang beroperasional 24 jam guna mendukung kelancaran layanan operasional selama periode natal 2019 and tahun baru 2020 tersebut," ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Pelindo I memberikan pelayanan penunjang terminal penumpang dengan menyediakan bus angkutan untuk pelayanan angkutan gratis yang beroperasional selama 24 jam menuju terminal atau stasiun angkutan umum terdekat. Serta menyediakan angkutan umum gratis dari terminal penumpang ke lokasi tujuan penumpang.

Selama periode angkutan natal 2018 dan tahun baru 2019, jumlah penumpang yang naik turun kapal melalui delapan pelabuhan yang dikelola Pelindo I sekitar 503.480 orang penumpang. Angka ini mengalami kenaikan 27% bila dibandingkan dengan periode sebelumnya yang sekitar 395.839 orang penumpang.

Angka penumpang tertinggi ditunjukan dipelabubn Tanjungpinang pada arus mudik natal 2018 dan tahun baru 2019 mencapai 182.619 orang penumpang naik sekitar 31% dari periode angkutan natal 2017 dan tahun baru 2018 yang mencapai 139.423 orang penumpang.

Sementara itu, para pengguna jasa transportasi laut bisa memesan tiket kapal penyebrangan antar pulau dengan mengakses aplikasi e-ticketing Nyebrang yuk. Untuk penumpang dengan tujuan dan berangkat dari terminal Sri Bintan Pura, Tanjungpunang. Selain itu para penumpang juga akan dipermudah dengan system e-pass yakni sistem pembayaran pas masuk pelabuhan secara non tunai hanya digunakan hanya dengan menempelkan kartu ke mesin yang tersedia.

Selain itu pihak Pelindo I juga menyediakan sistem e-berthing yang digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan pelayaran diterminal penumpang Sri Bintan Pura.

Pelindo I juga menyediakan media pelaporan melalui portal korporat www.pelindo1.co.id serta menetapkan narahubung dimasing-masing pelabuhan. (Kinoi)