Pemko Medan & USU Bekerja Sama Ubah Kampung Kubur Jadi Kampung Sejahtera -->

Advertisement

Advertisement

Pemko Medan & USU Bekerja Sama Ubah Kampung Kubur Jadi Kampung Sejahtera

Jumat, 02 Agustus 2019

Pemko Medan -USU akan mengubah image Kampung Kubur menjadi Kampung Sejahtera.
MEDAN, POC -  Pemko Medan bersama Universitas Sumatera Utara (USU) bekerjasama untuk melakukan perubahan kepada masyarakat Kampung Kubur, Jumat (2/8/2019). Perubahan yang dilakukan nantinya diharapkan dapat mengubah image Kampung Kubur yang selama ini terkenal negatif di tengah masyarakat menjadi positif. Apalagi pintu masuk Kampung Kubur akan diperindah dan dinding sisi kiri dan kanan akan dijadikan mural yang cantik dan menawan.

Demikian terungkap ketika Arifin Nasution SSos MSP selaku Ketua Pengabdian Masyarakat dari USU ketika menyerahkan sejumlah peralatan kepada masyarakat yang akan digunakan untuk mengubah Kampung Kubur. Di samping peralatan, Arifin juga menyerahkan tanaman hidroponik, steling kaca, ember kompos, bibit buah mangga dan alpokat, seller untuk plastik, mixer pembuat kue, oven pembakar kue, alat sblon, cat sablon serta  kotak kue.

"Kami ingin mengubah image Kampung Kubur yang selama ini negatif  akan menjadi positif. Dengan perubahan yang dilakukan, kita berharap Kampung Kubur nantinya berubah menjadi Kampung Sejahtera. Semoga langkah yang kita lakukan ini dapat memotivasi pihak lainnya untuk turun bersama-sama merubah Kampung Kubur sehingga menjadi tempat hunian yang baik di mata masyarakat,” kata Arifin.

Lebih jauh Arifin pun memaparkan rencana yang akan dilakukan untuk merubah image Kampung Kubur tersebut. Selain membuat mural indah di dinding, kami juga akan mengedukasi masyarakat agar menanam tanaman hidroponik di dinding-dinding rumah warga. Selain mendukung  penghijauan, hasil tanaman hidroponik dapat membantu penghasilan warga.

"Kami siap melakukan pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat Kampung Kubur. Di samping itu kami juga akan memberikan pelatihan memasak sehingga warga bisa menghasilkan aneka kuliner. Semoga upaya ini dapat menjadikan Kampung Kubur sebagai lokasi wisata kuliner, sejarah dan asri serta rindang,”  ungkapnya.

 Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Camat Medan Petisah Agha Novrian sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak USU, sebab mau bekerjasama dengan Pemko Medan untuk memajukan Kampung Kubur  dan menjadikannya sebagai Kampung Sejahtera.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak USU karena ingin bersama-sama memajukan Kampung Kubur serta mengubah imagenya yang tadinya buruk menjadi baik. Dengan kerjasama ini keinginan menjadikan Kampung  Kubur sebagai kampung Sejahtera dapat terwujud,” harap Agha.

Disamping itu Agha pun berharap dengan niak baik yang dilakukan ini, nantinya dapat berjalan baik dan sesuai dengan yang diharapkan sehingga nantinya Kampung Kubur dikenal baik oleh masyarakat luas. “Kita siap mendukung upaya tersebut,” ujarnya.

Usai penyerahan peralatan, proses perubahan wajah Kampung Kubur pun mulai dilakukan. Diawali dengan  mempercantik  jalan masuk menuju Kampung Kubur. Jalan masuk yang terbuat dari semen dipercantik dengan membuat tulisan Kampung Sejahtera dengan bantuan kecil bewarna. Setelah pengerjaan jalan selesai, rencananya akan dilanjutkan  dengan pembuatan mural. (rel)