Akhyar Pembina Upacara Di SDN 060873, Tanamkan Karakter Siswa Peduli Lingkungan Bersih -->

Advertisement

Advertisement

Akhyar Pembina Upacara Di SDN 060873, Tanamkan Karakter Siswa Peduli Lingkungan Bersih

Selasa, 16 Juli 2019

MEDAN, POC - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali menjadi pembina upacara, Selasa (16/7/2019). Kali ini di SDN 060873, Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur. Lagi, orang nomor dua di Pemko Medan menekankan akan pentingnya menanamkan pendidikan karakater kepada para siswa, terutama disiplin dan menjaga kebersihan. 
‘’Selama dua hari ini, kami sengaja mendatangi sekolah-sekolah untuk mengajak serta mengingatkan guru dan para siswa untuk menanamkan karakter disiplin dan bersih dalam diri masing-masing. Artinya, guru berperan memberi dan menjadi contoh bagi para muridnya. Selain itu juga, para guru memiliki tugas dan tantangan baru untuk menumbuh kembangkan karakter disiplin dan bersih terhadap setiap siswa sehingga mereka menyadari bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab dirinya masing-masing,’’ kata Wakil Wali Kota.

Di sela-sela arahannya, Wakil Wali Kota sesekali menyapa para murid SD yang berbaris secara rapi menggunakan pakaian seragam lengkap dengan atributnya masing-masing. Kemudian Wakil Wali Kota juga mengungkapkan bahwa kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab petugas kebersihan saja melainkan menjadi tugas semua pihak. Sebab, bersih dapat diwujudkan dari gerakan seluruh masyarakat sehingga dibutuhkan komitmen dari semua pihak.

Tak lupa Wakil Wali Kota berpesan khususnya bagi para guru, selain pengajaran mata pelajaran, tenaga pendidik juga harus fokus pada penanaman pendidikan karakter yang mampu menciptakan peserta didik berperilaku tertib, bersih, santun dan beretika. Dengan demikian para siswa akan tunbuh menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter sehingga mampu bersaing dan menghadapi tantangan di masa depan.

Usai upacara, Wakil Wali Kota selanjutnya menyapa dan berinteraksi langsung dengan para siswa. Kemudian dilanjutkan  dengan silaturahmi dengan para guru dan staf untuk bertukar informasi terkait perkembangan maupun mutu pendidikan di Kota Medan. Upacara juga dihadiri Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar, Camat Medan Timur Odie Batubara, Kepsek SDN 060873 Diana Astuti beserta para kepling dan lurah serta seluruh tenaga pengajar. (mar/rel)