Akhyar Instruksikan Dinas PU Atasi Genangan Air di HM Jhoni -->

Advertisement

Advertisement

Akhyar Instruksikan Dinas PU Atasi Genangan Air di HM Jhoni

Selasa, 11 Juni 2019

MEDAN, POC - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau parit di sepanjang Jalan HM Joni, Medan, Selasa (11/6/2019). Meski telah dilakukan pengorekan sebulan silam namun parit kembali tersumbat.

Tak ayal setiap hujan deras turun, parit tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap dan menggenangi jalan serta rumah warga. Oleh karenanya dalam peninjauan tersebut, Wakil Wali Kota ingin mencari akar masalah sekaligus solusi mengatasinya.

Didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Isa Ansyari dan Camat Medan Kota Chairuniza, Wakil Wali Kota  tampak terkejut. Sebab, umumnya parit dipenuhi sampah sehingga menyebabkan air tidak dapat mengalir. Ditengarai, sampah yang memenuhi parit berasal dari warga karena kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama parit.

Melihat kondisi tersebut, Wakil Wali Kota langsung  menginstruksikan Kadis PU segera melakukan pengorekan kembali. Jika hal itu tidak cepat diatasi, maka kawasan itu akan menjadi langganan genangan air setiap hujan deras turun sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas maupun aktifitas warga sekitar.
"Solusinya harus dilakukan pengorekan kembali secepatnya!"kata Wakil Wali Kota.

Diungkapkan Wakil Wali Kota, bulan lalu (Mei), Dinas PU bersama personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota telah melakukan pengorekan parit di sepanjang Jalan HM Joni tersebut.

"Sungguh disayangkan rasanya, jika upaya yang dilakukan tersebut tidak didukung penuh masyarakat. Terbukti, parit kembali dipenuhi sampah. Mustahil kawasan ini akan terbebas dari genangan air jika warga tidak mendukung!" tegasnya.

Di tengah peninjauan yang dilakukan tersebut, salah seorang warga yang mengaku bernama Yanti (45), datang menemui Wakil Wali Kota menyampaikan keluhannya. Dikatakan Yanti, rumah dan warung miliknya menjadi langganan genangan air setiap hujan seras turun. Sekaitan itulah dia berharap dengan kedatangan Wakil Wali Kota, persoalan genangan air dapat diatasi.

Wakil Wali Kota merespon keluhan Yanti, Pemko Medan akan segera mengatasinya melalui OPD terkait. Hanya saja mantan anggota DPRD Medan itu minta agar warga sekitar mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan nantinya, seperti selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan tidak buang sampah sembarangan dalam parit.

Sementara itu Kadis PU Kota Medan Isa Ansari mengatakan, pihaknya siap akan menormalisasi parit di sepanjang Jalan HM Jhoni seperti instruksi Wakil Wali Kota. Direncanakan, normalisasi akan dilakukan mulai hari ini, Rabu (12/6). Guna mendukung kelancaran normalisasi, sejumlah alat berat akan diturunkan. (mar)