Humas Berperan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 -->

Advertisement

Advertisement

Humas Berperan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019

Rabu, 10 April 2019

MEDAN, POC – Jajaran humas diharapkan berperan dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 yang akan berlangsung 17 April mendatang. Juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga iklim kondusif sebelum maupun sesudah Pemilu.

Hal tersebut merupakan bagian dari kesepakatan yang dihasilkan dari Rapat Koordinasi Humas seluruh Kabupaten/Kota se Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019 yang dilaksanakan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut di Hotel Karibia Boutique, Jalan Timor Blok J, Medan, Rabu (10/4/2019).

Untuk itu, disepakati juga beberapa langkah yang akan dilakukan humas pemerintah daerah pada masa kampanye, hingga pengucapan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2019. Di antaranya, melakukan sosialisasi Pemilu 2019 pada lansia dan difabel. Humas juga diimbau menggunakan media yang dimilikinya untuk mengajak masyarakat memilih, mengkampanyekan netralitas ASN, dan memanfaatkan media sosial secara optimal dengan menggunakan tagar tertentu.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus mengatakan, kesepakatan tersebut merupakan bentuk upaya humas berkontribusi dalam mensukseskan Pemilu 2019. “Diharapkan, dapat menjadi wahana bagi pemerintah daerah serta seluruh pemangku kepentingan khususnya humas untuk menciptakan suksesnya Pemilu serentak 2019,” katanya.

Selain itu, Ilyas mengharapkan, ASN bertindak netral sebagaimana yang tertuang dalam undang undang ASN. Humas juga diharapkan dapat menjaga citra dan wibawa penyelenggara pemerintahan.

"Kita juga diharapkan bersifat pro aktif mencermati kondisi dan dinamika wilayahnya serta membantu petugas KPPS," kata Ilyas.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Indah Dwi Kumala, Kabag Pelayanan Media dan Informasi Harvina Zuhra, Kabag Humas kabupaten/kota dan yang mewakili se-Sumut, serta staf Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut. (mar)