5 Pelaku IKM Medan Magang Olahan Pangan & Kemasan Di Jatim -->

Advertisement

Advertisement

5 Pelaku IKM Medan Magang Olahan Pangan & Kemasan Di Jatim

Selasa, 30 Oktober 2018

MEDAN, POC - Pemko Medan melalui Dinas Perindustrian Kota Medan  telah mengirimkan 5 orang pengerajin untuk mengikuti magang pemanfaatan teknologi produksi bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM)/pengerajin olahan pangan ke Provinsi Jawa Timur. Selain belajar olahan pangan, kelima pelaku IKM itu juga mempelajari bagaimana caranya membuat kemasan yang baik sehingga produk yang dihasilkan terlihat menarik.
Demikian disampaikan Kadis Perindustrian Ir Zulkifli Sitepu didampingi Budi Hariono SSTP MAP selaku Sekretaris di Kantor Dinas Perindustrian Jalan AH Nasution Medan, Selasa (30/10/2018). Kelima pelaku IKM tersebut mengikuti magang selama lima hari  di UPT Makan Minum dan Kemasan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Dikatakan Zulkifli, pemberangkatan magang merupakan salah satu upaya Dinas Perindustrian untuk memajukan industri di Kota Medan. Dengan pengiriman magang yang dilakukan itu,  pelaku IKM  bisa mendapatkan ilmu bermanfaat dalam rangka pengembangan usaha mereka masing-masing.
Adapun kelima pelaku IKM yang dikirim mengikuti magang, jelas Zulkifli, masing-masing Ongko Suratih (IKM Makanan Pempek), Bramon (IKM Makanan Ringan kerupuk),  Hidir Dongoran ((IKM Frozen Food Nugget & Bakso), Ratnawaty (IKM Bakery dan Cake) serta Lestari (IKM Bakery & Cake).
“Kelima pelaku IKM itu sudah kita berangkatkan, mereka magang selama lima hari mulai 15 sampai 19 Oktober lalu. Mereka belajar pembuatan sejumlah olahan pangan yang menjadi oleh-oleh khas Provinsi Jawa Timur, terutama Kota Surabaya. Di samping itu mereka juga belajar bagaimana membuat kemasan yang menarik,” kata Zulkifli.
“Semoga program magang yang kita lakukan ini memberikan manfaat bagi pelaku IKM di Kota Medan. Jika tahun ini yang kirim pelaku IKM dari sektor  makanan, mungkin tahun depan  giliran sektor lainnya. Di samping itu kita akan melakukan upaya lainnya seperti pelatihan maupun pembinaan guna memajukan IKM di Kota Medan,” ungkapnya. (mar/rel)