Jalan Santai Bersama Keluarga Besar Wartawan, Gubernur Sebut Butuh Dukungan Wujudkan Sumut Bermartabat -->

Advertisement

Advertisement

Jalan Santai Bersama Keluarga Besar Wartawan, Gubernur Sebut Butuh Dukungan Wujudkan Sumut Bermartabat

Minggu, 28 April 2019

MEDAN, POC – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas secara resmi dan sekaligus mengikuti Jalan Santai bersama keluarga besar wartawan Sumut, dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Jalan Adinegoro Nomor 4, Medan, Minggu (28/4/2019). Dikatakannya, untuk membangun Sumut bermartabat, dibutuhkan kepercayaan dan dukungan rakyat.

Tanpa dukungan rakyat, termasuk para wartawan, kata Gubernur, tidak akan mungkin dirinya bisa memimpin dan membangun Sumut menjadi provinsi yang bermartabat. “Untuk apa saya menjadi pemimpin (Gubernur Sumut) bila tidak ada rakyat yang mau dipimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin harus ada rakyatnya yang mau dipimpin,” kata Gubernur yang disambut tepuk tangan hadirin.

Gubernur juga menyampaikan, saat ini pihaknya sedang berupaya memperbaiki kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Khususnya tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi Sumut yang posisinya masih rendah.

Edy Rahmayadi menargetkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemprov Sumut masuk lima besar tahun depan dan menurutnya itu perlu bantuan pers agar penyelenggaraan pemerintah lebih akuntabel. Karena, keberadaan pers salah satunya untuk memajukan dan memotivasi anak bangsa. “Targetnya tahun depan kita harus masuk The Big Five. Jadi, mari kita sama-sama bekerja keras untuk itu,” katanya.

Edy Rahmayadi juga menyinggung tentang persoalan sampah yang belum tuntas hingga saat ini. Masih banyak sampah yang dibuang sembarangan dan tidak pada tempatnya. “Saya jalan tadi sekitar 2 Km masih banyak sampah yang berserakan. Tetapi, saya perhatian kok tidak ada wartawan yang membahas ini. Kita harus ubah ini,” katanya.

Kepada para wartawan dan insan pers Sumut, Gubernur juga berharap bisa lebih maju dan dewasa lagi, sehingga dapat bersama-sama membangun dan memajukan Sumut. “Usia PWI itu sudah 73 tahun, organisasi ini lebih tua dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Harusnya bisa lebih dewasa,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan jalan santai yang dilepas secara resmi oleh Gubernur Edy Rahmayadi diikuti ratusan keluarga besar wartawan Sumut. Turut hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Kominfo M Fitriyus, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua PWI Sumut Hermansjah dan Ketua Koni Sumut John Ismadi Lubis, serta sejumlah pimpinan BUMN dan BUMD.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Peresmian Renovasi Gedung PWI Sumut dan Peresmian Pelatda Tim Powarnas 2020 PWI Sumut. Selain itu juga dilakukan penyerahan hadiah untuk pemenang lucky draw jalan santai sehat dengan hadiah sepeda motor, sepeda dan berbagai hadiah lainnya.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengapresiasi kinerja dan capaian PWI Sumut selama ini. Menurutnya, PWI Sumut sudah memecahkan rekor nasional dengan penerimaan anggota baru, yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Indonesia. “Saya cukup terkejut ada 100 penerimaan anggota baru karena di daerah lain itu hanya 3 atau 4 saja. Ini baru pertama kali. Itu berarti di sini semangat jurnalisme itu sangat tinggi,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut Hermansjah berterimakasih kepada Pemprov  karena selama ini sudah terjalin hubungan kerja sama yang baik, terutama kepada Dinas Kominfo dan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut.

"Selama ini kerja sama kita dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terjalin dengan baik. Perlu kami beritahukan kepada bapak Gubernur, gedung ini yang baru kita renovasi merupakan kerja sama dengan Kominfo. Kita juga punya hubungan baik dengan Biro Humas dan Keprotokolan. Harapannya tentu hubungan ini tetap terjaga dan semakin meningkat demi Sumut yang bermartabat," kata Hermansjah. (mar)