Polres Belawan & FKUB Membangun Pembinaan Kerukunan Umat Beragama -->

Advertisement

Advertisement

Polres Belawan & FKUB Membangun Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Selasa, 19 Maret 2019

Belawan, POC - Untuk menciptakan dan menjaga kerukunan umat beragama, Walikota Medan Dzulmi Eldin meminta masyarakat selalu menjaga kerukunan antarsuku, budaya, maupun umat beragama.

Hal itu ia sampaikan saat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Belawan mengadakan pembinaan kerukunan umat Beragama,  di Aula Wira Satya Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (19/03/2019).

Ketua panitia Burhanuddin Damanik mengucapkan terimakasih banyak kepada para peserta yang hadir hari ini adalah seluruh tokoh agama yang ada di empat kecamatan yakni, Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Deli," ucap Burhanuddin.

Sambungnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kerukunan umat beragama yang ada di empat kecamatan ini, hal ini dilakukan untuk menciptakan Pemilu serentak tahun 2019, yang aman, damai dan Bermartabat," jelas ketua Panitia.

Dalam kata sambutannya Walikota Medan Dzulmi Eldin sangat mendukung penuh kegiatan FKUB Kota Medan untuk terus menjaga kerukunan umat beragama di Kota Medan," kata walikota medan.

Sambungnya, berbagai kultulral budaya dan agama ada di Kota Medan, sehingga membuat kota Medan menjadi kota yang indah, aman dan tentram bagi seluruh umat yang ada.

Lebih lanjut, Walikota Medan mengatakan mari kita jaga kondisi Kota Medan yang aman dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2019 ini. Jangan mudah terpancing dengan provokasi yang dapat merusak kerukunan ini, terus bina masyarakat untuk tidak mudah percaya berita hoak," harap Dzulmi Eldin.

Kerukunan umat beragama tidak terlepas dari kinerja camat di wilayah masing- masing, dengan cara menjalin kerja sama dengan muspika yang ada.

Ketua FKUB Kota Medan H. Ilyas Salim dalam kata sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada Kapolres Pelabuhan Belawan dan jajaran yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan FKUB ini dan acara ini akan diadakan diseluruh kecamatan yang ada di Kota Medan secara bergilir," ucap Ilyas Salim.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ihkwan juga memberikan kata sambutannya, saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta FKUB semoga acara ini bisa semakin memperkuat kerukunan umat yang sudah terbina selama ini. Dan saya sangat mengapresiasi peran FKUB ini ditengah- tengah masyarakat  berdampak yang positif, karena kerukunan masyarakat di Medan Utara sudah terjalin cukup baik," ucap Kapolres Belawan.

Sambungnya, "Kita sangat apresiasi keterlibatan FKUB dalam menyelesaikan permasalahan yang melibat ke agamaan, seperti yang terjadi di Kelurahan Martubung yang bisa terselesaikan dengan baik," ucap Ikhwan.

Lebih lanjut Kapolres berharap, kepada Tokoh -tokoh masyarakat dapat terlibat dalam satgas Kamtibmas, mari kita saling menjaga, menghormati antar agam," tegas Kapolres.

Dalam kesempatan ini, Kapolres juga berharap menjelang pemilu 2019 seluruh elemen masyarakat dapat  mensosialisasikan pemilu damai, jangan terpancing isu- isu hoak dan sara yang dapat merusak pesta demokrasi ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH,MH, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Rambe, Kamenag Kota Medan,Ketua MUI Kota Medan, Seluruh Kapolsek se Jajaran Polres Belawan, seluruh camat se Medan Utara, para lurah, tokoh agama dan ratusan masyarakat. (Kinoi)