PT TPL Bantu Renovasi Gereja HKBP Gunung Pariama Resort Jorlang Huluan -->

Advertisement

Advertisement

PT TPL Bantu Renovasi Gereja HKBP Gunung Pariama Resort Jorlang Huluan

Kamis, 10 Januari 2019

SIMALUNGUN - Awal Januari tahun 2019 menjadi bahagian penting bagi PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) dalam melaksanakan aktivitas produksi bubur kertas di Tapanuli. Komitmen perusahaan “Hidup dan Berkembang Bersama Masyarakat”, menjadi faktor yang paling utama dalam program respon sosial dimasyarakat (Corporate Social Responsibility).

Memasuki awal tahun perusahan Pulp di Tapanuli ini, kembali melaksanakan program dukungan dan sosial di wilayah yang berdampingan dengan masyarakat. Dukungan terhadap rumah ibadah di kawasan sektor Hutan Tanaman Industri (HTI) TPL Aek Nauli, menjadi respon sosial yang paling utama. Diantaranya partisipasi perusahaan terhadap renovasi  gereja HKBP Gunung Pariama Resort Jorlang Huluan.

“Banyak harapan kami dalam renovasi gereja HKBP Gunung Pariana ini, selain perluasan areal bangunan untuk mendampung jamaat dalam beribadat, masyarakat juga berharap untuk kedepan banyak  yang membantu dalam pembangunan menara gereja. Begitupun kami bersyukur perusahaan bubur kertas TPL, mendukung dalam renovasi bangunan gereja ini,” ungkap pendeta Henrido Sitanggang, bersama dengan pengurus gereja Sintua Jabuntor Sijabat, dalam acara serahterima material bantuan, Kamis (10/1/2019).

Gereja HKBP Gunung Pariana berada di Nagori Sihaporas kecamatan Pamatang Sidamanik, kabupaten Simalungun ini memiliki luas bangunan 30 meter persegi. Kepala desa (Pangulu) Sihaporas Jaulahan Ambarita mengatakan, sedikitnya ada 258 kepala keluarga (KK) yang mendiami desa Sihaporas. Sementara yang saat ini aktif mengikuti kebaktian gereja mencapai 75 orang, sehingga perlu ada renovasi perluasan gereja.

“Gereja ini memang perlu perluasan dan renovasi untuk menampung jemaatnya, dengan bantuan TPL berupa semen kami berharap renovasi bangunan dapat terlaksana dengan baik. Sehingga pembangunan lainnya diareal gereja dapat terlaksana untuk kedepan, dan bantuan ini saya anggap persembahan dari TPL untuk rumah Tuhan,” sebut Jaulahan Ambarita.

Pemberian ratusan material semen, keramik dan plafon atap dua gereja dilokasi yang berbeda, merupakan implementasi kepedulian perusahaan  (TPL) terhadap masyarakat. Mengawali tahun 2019 perusahaan yang mengandalkan hasil produksi dari tanaman Eucalyptus ini, memberi kesan simpatik terhadap kegiatan keagamaan. 

Dukungan terhadap perbaikan infrastruktur rumah ibadah yang berdekatan dengan wilayah konsesi perusahaan, baik gereja maupun masjid menjadi target utama perusahaan dalam memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat. Bahkan bangunan fasilitas untuk perkumpulan dan belajar di areal rumah ibadah, turut dibantu oleh perusahaan.

“Selain rumah ibadah gereja, kita juga memberikan dukungan terhadap pembangunan sekolah minggu yang ada di HKBP Jorlang Huluan Resort Jorlang Huluan, lokasinya masih di Nagori Jorlang Huluan kec. Pamatang Sidamanik. Bantuan untuk pembangunan dan renovasi kedua gereja jumlahnya puluhan juta rupiah, dengan rincian ratusan sak semen, keramik dan plafon atap. Diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kegiatan ibadah,” sebut humas TPL Ricky Silaen, dan staf CSR Tasya Anggun Sirait. (rom)