KMN UPMI Pulang Kampung, Dorong Kesadaran Bersih Lingkungan -->

Advertisement

Advertisement

KMN UPMI Pulang Kampung, Dorong Kesadaran Bersih Lingkungan

Sabtu, 29 Desember 2018

NIAS, POC - Bagi mahasiswa di perantauan, pulang ke kampung halaman adalah pilihan tepat mengisi liburan akhir tahun. Hal itu juga yang dilakukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Mahasiswa Nias (KMN) Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan.

Meski berasal dari berbagai daerah di kepulauan Nias, puluhan mahasiswa ini agaknya punya cara lain untuk mengisi liburan di kampung halaman: mereka bersepakat menggelar aksi. Bukan demonstrasi atau unjukrasa, melainkan aksi bersih-bersih sampah.

Dengan memilih Kecamatan Teluk Dalam di Kabupaten Nias Selatan, para mahasiswa itu berjalan sembari memungut sampah di jalan, Kamis (27/12/2018) siang. Selain itu mereka juga menyerahkan tong sampah kepada warga dan pemerintah kecamatan setempat.

Aksi bersih-bersih sampah ini juga di dukung oleh Camat Teluk Dalam Donisius Wau, SE, MM dan Lurah Teluk Dalam dan melibatkan seluruh Kepala Lingkungan. Mereka terlihat berbaur berjalan bersama mahasiswa sembari mengutip sampah.

Informasi tentang aksi bersih-bersih ini rupanya sampai kepada Bupati Nias Selatan DR Hilarius Duha SH MH dan langsung memanggil para mahasiswa KMN UPMI untuk menyampaikan apresiasi dan dukungan Pemkab Nisel terkait aksi bersih sampah yang dilakukan KMN UPMI.
Dalam arahan singkatnya, Bupati Nias Selatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kemahasiswaan dan menanggapi positif aksi yang berbeda ini.

“Kegiatan sosial ini merupakan gerakan moral peduli kebersihan dan sangat bermanfaat untuk mendorong lahirnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Hilarius Duha.

Bupati Nisel berharap kegiatan ini berkesinambungan dan sebagai kaum intelektual harus terus berinovasi dan kreatif ditengah tengah masyarakat.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) KMN UPMI Tulus Hia mengatakan, bakti sosial ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian perayaan Natal Keluarga Besar KMN UPMI yang dilaksanakan terpisah di 5 Kabupaten dan Kota di Kepualauan Nias secara estafet.

“Tahun lalu (2017-red) pelaksanaan bakti sosil dan Natal KMN UPMI dilaksanakan di Kabupaten Nias Barat. Untuk tahun 2018 ini sesuai kesepakatan dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan,” kata Tulus.

Dikatakan, selain melaksanakan bakti sosial, KMN UPMI juga memberikan bantuan kepada 4 panti asuhan, menggelar lomba Koor dan Vocal Grup antar Sekolah. Sementara puncaknya pada tanggal 28 Desember 2018, akan digelar perayaan natal keluarga besar KMN UPMI di HallDefnas, Teluk Dalam, Nisel.

“Atas dukungan Bupati Nias Selatan, Ketua DPRD Nias Selatan dan Kapolres Nisel, KMN UPMI akan menggelar perayaan Natal di HallDefnas, kami harapkan Bupati Nisel, Ketua DPRD Nisel, Kapolres Nisel beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh OKP/Ormas dan masyarakat Nias Selatan dapat bersama-sama dengan kami untuk ikut merayakan natal 2018 ini,” harapnya. (ril)