Wali Kota Ajak Semua Dukung Pelaksanaan Imunisasi MR -->

Advertisement

Advertisement

Wali Kota Ajak Semua Dukung Pelaksanaan Imunisasi MR

Senin, 10 September 2018

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menegaskan, Kota Medan berkomitmen  penuh untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian  penyakit Rubella (kecacatan) yang disebabkan oleh infeksi Rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. 

Salah satu upaya yang dilakukan dengan melaksanakan   kampanye dan introduksi imunisasi campak Measles Rubella (MR). Sebab, kampanye ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan Rubella yang ada di masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Wali Kota ketika menghadiri pertemuan Evaluasi Kampanyanye Imunisasi MR di Four Points Hotel Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (10/9/2018).  Evaluasi dilakukan dalam rangka untuk mengejar ketinggalan  capaian Kampanye  Imunisasi MR sehingga bisa mencapai target 95%.’

Ditegaskan Wali Kota, penegasan itu disampaikan mengingatkan dampak yang disebabkan virus MR sangat berbahaya bagi penderitanya. Terbukti, ada tiga anak yang masih balita menjadi korban virus MR dihadirkan dalam pertemuan tersebut. Sangat miris, ketiga anak itu mengalami kecacatan yang cukup parah, selain tidak bisa melihat, ada juga yang mengalami pengecilan otak dan jantung bocor.

Dihadapan dr Dita Ramadona perwakilan UNICEF, dr Sweet Si perwakilan WHO, Kakan Kemanag Kota Medan H Al Ahyu MA, Kadis Kesehatan Kota Medan Usma Polita Nasution, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan camat, Wali Kota mengungkapkan,  sejak 1 sampai 31 Agustus 2018 telah dilaksanakan Imunisasi MR di seluruh sekolah di Kota Medan  mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak, SD/MI serta SMP/MTS.

Namun imunisasi yang dilakukan bilang Wali Kota, masih jauh dari target hanya 38,1383%. “Seharusnya pencapaian di bulan Agustus minimal sudah 75% dari total sasaran 585.641 anak. Belum tercapainya target ini menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga target 95% terpenuh. Oleh karenanya diharapkan peran serta aktif semua lintas sektoral, program dan stakeholders agar bahu membahu mensukseskan program nasional ini,” katanya.

WaliKota berharap kerjasama dan peran aktif dari Dinas Pendidikan  Kota Medan agar mengajak seluruh kepala sekolah di bawah lingkungan Pemko Medan agar menghimbau kepala sekolah agar  siswanya mendapatkan imunisasi MR. Begitu juga dengan pihak rumah sakit maupun puskesmas, Dinas Sosial, TP PKK Kota Medan, camat, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat organisasi profesi terkait serta merdia cetak dan elektronik  agar ikut mensukseskan pelaksanaan imunisasi MR tersebut. (mar/rel)