Pj Gubsu Imbau Kepala Daerah Terpilih Waspadai Area Rawan Korupsi -->

Advertisement

Advertisement

Pj Gubsu Imbau Kepala Daerah Terpilih Waspadai Area Rawan Korupsi

Senin, 03 September 2018

MEDAN, POC -  Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengimbau agar para Kepala Daerah (Kdh) yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 mewaspadai area rawan korupsi saat bertugas nanti.

“Sebelumnya, saya ucapkan selamat kepada Saudara sekalian yang telah terpilih dan dipercayakan masyarakat untuk memimpin daerah. Semoga amanah dalam bertugas dan harus waspada terhadap area rawan korupsi,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo saat menerima kunjungan kepala daerah terpilih di ruang kerjanya, lantai 10, Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (3/9/2018).

Dari delapan kabupaten/kota yang ikut Pilkada serentak 2018, lima diantara kepala daerah terpilih hadir dalam kunjungan tersebut. Kelimanya yakni Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Padanglawas H Ali Sultan Harahap, Bupati Padanglawas Utara Andar Amin Harahap, Bupati Langkat Terbit Rencana dan Wakil Bupati Syah Afandin.

Dikatakan Eko, beberapa hal yang termasuk dalam area rawan korupsi termasuk diantaranya, perencanaan anggaran, Bansos, perizinan, mutasi, promosi dan rotasi jabatan. “Harus hati-hati dan teliti selama bertugas, dan yang lebih penting ingat kepercayaan yang sudah diberikan masyarakat,” ucapnya.

Eko juga berpesan kepada kepala daerah terpilih agar penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) nanti disesuaikan dengan program-program prioritas nasional. Sehingga ada sinergi pembangunan antara pusat dan daerah.

“Saya yakin, setiap kepala daerah pasti memiliki visi dan misi dan program-program tersendiri.  Tetapi alangkah lebih baiknya jika program-program tersebut disinergikan dengan program prioritas nasional. Saya anjurkan agar Saudara sekalian mempelajari lebih dalam lagi tentang proyek-proyek prioritas nasional,” anjurnya.

Eko berharap agar sesama kabupaten/kota yang bertetangga saling membantu dan kompak agar kemajuan pembangunan di Sumut lebih cepat terlaksana. “Seperti tadi pagi, kita baru saja melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) sekawasan Danau Toba dan dunia industri/usaha untuk mengembangkan pariwisata Danau Toba. Pemda sekawasan harus saling kompak, begitu juga dengan kabupaten/kota yang bertetangga, harus akrab,” katanya.

Lebih lanjut, Eko berharap para kepala daerah terpilih bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga Sumut yang terkenal dengan heterogen. Eko mengaku kagum dengan kemajemukan yang ada di Sumut dan hidup dalam suasana yang harmonis. “Saya harap, Saudara sekalian tetap bisa menjaga keindahan dari perbedaan-perbedaan tersebut,” tuturnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Pj Walikota Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan, Kepala Biro Pemerintahan H Afifi Lubis SH dan mewakili Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprovsu. (mar/rel)