Wali Kota Dukung Tawaran Kerjasama PDAM Tirtanadi Kelola Limbah Tinja Masyarakat -->

Advertisement

Advertisement

Wali Kota Dukung Tawaran Kerjasama PDAM Tirtanadi Kelola Limbah Tinja Masyarakat

Kamis, 30 Agustus 2018

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mendukung penuh tawaran PDAM Tirtanadi untuk mengelola limbah tinja masyarakat. Melalui kerja sama yang dilakukan tersebut, seluruh limbah tinja masyarakat yang disedot mobil tangki akan dikelola di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT)  Cemara Jalan Perkebunan, Kelurahan Pulo Brayan, Kecamatan Medan Timur. Dengan demikian lingkungan akan menjadi lebih bersih lagi.
Dukungan ini disampaikan Wali Kota ketika menerima kunjungan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo beserta beberapa direksi di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (30/8/2018).  Diharapkan kerjasama dapat dilakukan secepatnya sehingga IPLT yang diresmikan Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu dapat dimaksimalkan.
"Pemko Medan  mendukung penuh tawaran  kerjasama PDAM Tirtanadi untuk mengelola limba tinja masyarakat.  Sebab, pengelolaan yang dilakukan melalui IPLT tentunya  akan semakin lebih baik dalam upaya  meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Apalagi limba tinja yang dikelola IPLT dapat dijadikan briket (bahan bakar),” kata Wali Kota.
Oleh karenanya Wali Kota berharap agar organisasi pimpinan daerah (IPLT) terkait di lingkungan Pemko Medan segera mempercepat  dilakukannya kerjasama dengan PDAM Tirtanadi tersebut. Di samping itu meski  kerja sama belum dilakukan, Wali Kota minta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar mengarahkan pembuangan seluruh limbah tinja yang disedot mobil tangki dari septitank masyarakat bisa dibuang ke IPLT.
Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo mengatakan, saat ini, pengelolaan limba tinja dikelola di IPLT Cemara. Namun setelah kerja sama dilakukan, Sutedi berharap dapat dibangun IPLT lainnya di sejumlah wilayah di Kota Medan karena wilayahnya cukup luas.
“Dengan wilayah Kota Medan yang sangat luas, pasca kerjasama dilakukan dan pengembangan ke depan, kita  berencana membangun 3 IPLT lainnya di wilayah Kota Medan, terutama kawasan pinggiran. Dengan demikian dalam operasional nantinya, truk tangki tinja tidak akan memasuki pusat Kota Medan,” jelas Sutedi. (mar/rel)