Dispar Jangan Angin-anginan Majukan Wisata Mangrove di Belawan -->

Advertisement

Advertisement

Dispar Jangan Angin-anginan Majukan Wisata Mangrove di Belawan

Senin, 27 Agustus 2018

MEDAN, POC - Dinas Pariwisata (dispar) Kota Medan diingatkan agar tidak setengah hati dan angin-anginan memajukan industri pariwisata. Khususnya ekowisata mangrove di Belawan.

"Pengembangan ekowisata hutan bakau (track mangrove) di Kelurahan Belawan Sicanang, Medan Belawan hendaknya dikelola dengan serius dan matang,"ujar Ketua Komisi C DPRD Medan Hendra DS, Senin (27/8).

Politisi Hanura ini menambahkan, objek wisata mangrove di kawasan Medan Utara cukup potensial. Untuk itu, diperlukan keseriusan Pemko Medan menata lebih profesional dan tidak asal asalan.

"Apa yang dilakukan Dinas Pariwisata menggali objek wisata mangrove di Belawan cukup bagus dan patut didukung. Sebab, potensi wisata bakau tersebut dinilai cukup menjanjikan. Selain menjadi obyek wisata juga dapat menjaga habitat tumbuhan dan hewan. Tanaman bakau juga akan menahan abrasi laut. Kita minta agar Dinas Pariwisata dapat melakukan pengawasan dan pemeliharaan berkelanjutan," ujar Hendra seraya menyebut akan mendukung jika Dinas Pariwisata Medan mengalokasikan anggaran di APBD Pemko Medan untuk pengelolaan pariwisata bakau (mangrove) di kawasan Medan Utara.

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata Medan akan menjadikan kawasan Medan Utara di sepanjang bibir pantai dijadikan ekowisata hutan bakau (track mangrove).

Pada minggu lalu, sebagai langkah awal Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin telah melakukan penanam bibit pohon mangrove di Jl Asam Jawa Blok 16 Lingkungan 11 Kel Belawan Sicanang Kec Medan Belawan.

Selain penanaman pohon mangrove, Walikota juga melanjutkan peresmian tracking mangrove. Kawasan Belawan dinilai mampu mengangkat dunia wisata karena memiliki potensi wisata hutan mangrove dan juga bahari yang dapat dikembangkan menjadi obyek wisata primadona. (maria)