Humas Punya Peran Penting di Era Digital -->

Advertisement

Advertisement

Humas Punya Peran Penting di Era Digital

Kamis, 26 Juli 2018

MEDAN, POC – Bidang kehumasan punya peranan penting di era digital saat ini. Karena publik membutuhkan informasi yang cepat, luas dan akurat. Semua itu dapat difasilitasi dengan kemajuan teknologi informasi.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kehumasan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu)  dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara (Sumut) yang diadakan oleh Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu di Hotel Hermes Medan, Rabu (25/7/2018). "Dengan dukungan teknologi informasi, semua kegiatan Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota dapat dikabarkan langsung kepada masyarakat," katanya.


Humas, kata Pj Gubsu, berfungsi  mengabarkan pelaksanaan program unggulan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). "Itu agar semua bisa diketahui publik dan masyarakat dapat mengevaluasi kemanfaatan sebuah kegiatan dengan memberikan tanggapan, komentar serta masukan atas kegiatan yang dilaksanakan," katanya.


Pj Gubsu juga  mengharapkan, Kehumasan harus selalu berbenah dan menyiapkan kemampuan terkait perkembangan teknologi informasi. "Kegiatan kehumasan bersentuhan langsung dengan perubahan perkembangan teknologi. Untuk itu Humas harus selalu melakukan peningkatan kemampuan dan kapasitas seperti pembuatan berita, foto, video, komunikasi antar lembaga, dan media informasi," katanya.


Karena itu, Pj Gubsu berharap, melalui rapat koordinasi ini akan lahir sinergitas antar pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota. "Semoga muncul kekompakan antar Humas, sekaligus menguatnya Humas secara kelembagaan dan anggaran dalam menunjang tugas pemerintah dan pelayanan publik, serta penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan," katanya.


Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus yang juga sebagai nara sumber mengatakan, agar Humas pemerintah kabupaten/kota mengutamakan fungsi Humas. "Kita berharap tidak menitikberatkan pada lembaga. Kita di manapun, fungsi Humasnya harus diangkat," katanya.


Rakor tersebut, kata Ilyas, bertujuan mengumpulkan Humas kabupaten/kota untuk menyamakan persepsi. "Tapi bukan dari sisi lembaganya. Kita ingin melakukan penguatan dari sisi Humasnya. Dalam acara ini kita akan mencoba memberikan pemahaman dan kebersamaan dari sisi peran Humas itu sendiri, karena keberadaan pimpinan kita, walikota bupati, gubernur, wagub, sekda akan tercermin pada kerja Humas," ujar Ilyas.


Sebelumnya, Ketua Panitia Rakor Bidang Kehumasan yang juga Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Dra Indah Dwi Kumala menyampaikan, Rakor tersebut bertujuan untuk memperkuat silaturahmi antara pejabat kehumasan pemerintah provinsi dan daerah kabupaten/kota. “Membangun sinergitas dan sinkronisasi program kehumasan, serta membangun jaringan kerjasama antar pemerintah provinsi dengan kabupaten kota," ujar Indah.


Selain itu, Indah juga melaporkan, target yang menjadi keberhasilan rakor tersebut dintaranya terbentuknya forum dan jaringan kehumasan provinsi serta kabupaten/kota. "Selain itu nantinya akan tersedia dokumen program kerja yang termaktub dalam Renja masing masing kabupaten/kota," ujarnya, sembari menyampaikan Rakor berlangsung mulai 25-26 Juli 2018.(mar/rel)