Bocah Penderita Penyakit Kwashiorkor Butuh Perawatan Medis

Foto: Fatimah Zahra
BELAWAN, POC - Penyakit kwashiorkor atau yang lebih dikenal dengan gizi buruk merupakan salah satu bentuk malnutrisi. Penyebab penyakit tersebut diakibatkan karena orang tersebut tidak memperoleh makanan dengan kandungan energi dan protein yang cukup.
Gizi buruk bukanlah gangguan yang terjadi secara mendadak. Malnutrisi atau kesalahan dalam pemberian nutrisi berupa kekurangan maupun kelebihan nutrisi. Dapat dikatakan bahwa, penyebab penyakit tersebut adalah kondisi dimana seseorang kekurangan asupan yang mengandung energi dan protein. Padahal protein dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sel-sel baru. Dan gizi buruk umumnya banyak terjadi pada anak-anak.
Seperti halnya yang dialami bocah berusia 8 tahun bernama Fatimah Zahra warga Jalan Baru, lingkungan 10, Lorong VI Veteran, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.
Penyakit yang dideritanya itu sudah hampir dua bulan setelah terkena penyakit cacar api. Tapi sangat disayangkan balita tersebut tidak memiliki BPJS kesehatan.
Tidak hanya itu, balita tersebut juga mengalami cacat pendengaran, pengelihatan dan bicara ( Tuna Rungu dan Wicara ) bahkan ia belum bisa berjalan atau lumpuh.
Menurut keterangan dari seorang nenek yang mengasuhnya, bahwa orang tua fatimah sudah sekitar empat tahun bercerai, hingga bocah tersebut dirawat oleh kakek dan neneknya yang tinggal di Jalan Baru, lingkungan 10, Lorong 6 Veteran, Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan. (Kinoi)