Drainase Tidak Berfungsi, Lingkungan 31 Kebun Bundar Kembali Terendam Banjir

Foto: Rumah Warga Yang Tergenang Air Dari Luapan Drainase
MARELAN, POC - Drainase atau saluran pembuangan air di jalan M.Basir, Lingkungan 31 Kebun Bundar, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan kini tidak berfungsi maksimal. Ini terbukti saat hujan turun, sejumlah jalan lorong atau gang dan rumah-rumah warga di lingkungan tersebut terendam banjir, Sabtu (02/11/2019) sore.

Hujan deras yang mengguyur sekitar lima menit itu menyebabkan rumah-rumah warga yang berada di dalam lorong atau gang tergenang air.

Pantauan awak media dilapangan, drainase yang terletak dilingkungan tersebut tidak berfungsi maksimal itu dikarenakan adanya titi kecil di jalan Damak tersumbat dengan sejumlah batang-batang kayu kelapa. Maka pada waktu hujan turun dengan hitungan detik saja, air dari drainase langsung meluap. Lingkungan ini menjadi langganan genangan air jika turun hujan.

Nining (27) salah satu warga kebun bundar sangat mengeluhkan setiap hujan pasti rumahnya tergenang air.

"Kalau sudah hujan bang, lihatlah rumah kami ini, sampai masuk ke dalam rumah airnya. Anak-anak jadi sakit. Kami waspada dengan penyakit demam berdarah (DBD)," keluh nining.

Terpisah, Amirullah atau sering disapa Ool (50) juga mengeluhkan drainase yang berada dilingkungannya belum juga di perhatikan oleh itansi yang terkait, artinya drainase tersebut belum juga diperbaiki.

"Dulu pernah, semasa lurah yang bernama Daniel Nasution menjabat sebagai Kepala Kelurahan Rengas Pulau ini turun langsung melihat kondisi drainase dilingkungan 31 ini. Dan ia (Daniel) mantan lurah itu melihat titi di jalan Damak tersebut memang benar tersumbat total. Tetapi sampai saat ini sudah pergantian Camatpun belum juga diperbaiki," ucap Ool.

Lanjut dikatakannya, Dia (Ool) berharap, pihak terkait segera memperbaiki drainase tersebut. “Secepatnya bisa diperbaiki serta fungsi drainase dimaksimalkan. Untuk warga sendiri sering membersihkan drainase tetapi tetap saja air meluap,” ungkapnya.

Harapan warga Lingkungan 31 Rengas Pulau. Penanganan terkait drainase yang kurang berfungsi maksimal ini bisa segera ditangani oleh pihak terkait. (Kinoi)