Kota Medan Raih KLA Kategori Pratama -->

Advertisement

Advertisement

Kota Medan Raih KLA Kategori Pratama

Selasa, 23 Juli 2019

MEDAN, POC - Penghargaan  membanggakan kembali diraih Kota Medan. Kali ini datangnya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia. 

Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini dinobatkan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama. Menteri PPA Yohana Yambise menyerahkan penghargaan itu kepada Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan Khairunnisa Mozasa di Hotel Four Point, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Prosesi penyerahan penghargaan dilakukan pada puncak Hari Anak Nasional 2019. Keberhasilan itu diraih setelah Kota Medan dinilai punya komitmen besar dan sangat peduli dalam memenuhi hak dan perlindungan anak. Hal itu diwujudkan lewat diterbitkannnya Surat Keputusan Wali Kota tentang Pembentukan Gugus Depan KLA yang bertugas mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan pengembangan KLA. Di samping itu juga berfungsi dan bertanggungjawab dalam sosialisasi, advokasi, informasi dan edukasi kebijakan KLA.

‘’Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan KLA kategori Pratama. Saya berharap penghargaan ini dapat menajdi acuan bagi kita semua untuk dapat melakukan yang lebih baik lagi, terlebih dalam upaya pemenuhan dan perlindungan anak. Hasil yang diraih ini juga menjadi bukti bahwa Pemko Medan benar-benar concern  pada anak-anak, sehingga mereka dapat menerima apa yang menjadi haknya, termasuk dalam bidang pendidikan dan kesehatan,’’ kata Wali Kota.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu selanjutnya mengingatkan, keberhasilan meraihkan penghargaan KLA kategori Pratama tidak langsung membuat puas. Adapun yang menjadi kebutuhan anak yang harus dipenuhi, Wali Kota secara garis besar  mengungkapkan ada lima klaster yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, kegiatan budaya serta perlindungan khusus. Untuk memenuhi kebutuhan anak tersebut, Wali Kota pun sangat mengharapkan dukungan semua pihak.

‘’Berbagai program yang kita canangkan akan memberikan hasil yang optimal jika semua pihak turut serta menunjukkan kepedulian dan kontribusinya bagi anak-anak di Kota Medan. Untuk itu, mari bersama kita jadikan Kota Medan yang kita cintai ini sebagai KLA lewat sinergitas visi misi serta senantiasa melakukan evaluasi agar dapat memperbaiki serta meningkatkan mutu kinerja ke depan,’’ harapnya. (rel)