Desak Perbaikan Jalan, Ratusan Warga Demo di Jalan Protokol Hamparan Perak

HAMPARAN PERAK, POC- Ratusan warga menggelar aksi demo di Jalan Protokol Hamparan Perak, Jumat (12/7/2019) siang.

Kedatangan ratusan warga dari Desa Hamparan Perak bersama Desa Klambir dan Desa Selemak itu, tak lain mendesak pemerintah segera merealisasikan pembangunan jalan sepanjang tiga kilometer di kampung mereka, yang tak kunjung diperbaiki bertahun-tahun.

Dalam aksinya, warga yang datang dengan membawa spanduk dengan bertulisan 'Bapak Presiden tolong perbaiki jalan kami'
mempertanyakan pembangunan jalan yang kondisinya sudah memprihatinkan itu.

"Kondisi jalan sudah semakin parah. Apalagi kalau setelah hujan. Lubang jalan seperti kolam tergenang air bercampur lumpur. Belum lagi jalan menjadi licin hingga para pengguna harus pelan-pelan melintasinya," ucap Sulaiman, warga Desa Hamparan Perak saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, warga dari tiga Kecamatan ini datang karena kekecewaan warga terhadap Pemerintahan Deliserdang khususnya Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Kami warga di sini sudah muak dan capek menunggu janji-janji perbaikan. Namun tidak pernah ditanggapi. Bahkan, saat ini kondisi badan jalan banyak lobang besar bak kuali sangat sulit dilalui pengguna jalan," ujarnya.

Hal senada juga dilontarkan dari mulut Ibrahim. Warga Desa Selemak. Kerusakan jalan protokol Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang hingga detik ini tak kunjung diperbaiki, padahal sudah banyak pengguna jalan menjadi korban jatuh.

"Kerusakan infrastruktur jalan di Jalan Protokol  Kecamatan Hamapran Perak sudah semakin parah. Sampai saat ini upaya perbaikan belum nampak sedikitpun. Oleh sebab itu, kami mendesak agar Pemerintah tegas dalam memperbaiki kerusakan jalan tersebut," ucap Ibrahim.

Camat Hamparan Perak Bilang Sudah Kordinasi dengan Pemkab Deliserdang dan Provinsi Sumut Untuk Perbaikan Jalan

Sementara itu, Camat Hamparan Perak, Amos F Karo Karo ketika dikonfirmasi terkait aksi demo mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi baik dengan Pemkab Deliserdang maupun Provinsi Sumut untuk perbaikan jalan Protokol Hamparan Perak.

"Kita Muspika Kecamatan Hamparan Perak susah berkordinasi dengan Pemkab Deliserdang dan Provinsi Sumut soal jalan tersbeut. Namun karena anggaran, sehingga kondisinya masih seperti ini. Begitupun, masyarakt diminta bersabar semua butuh proses," kata Amos F Karo Karo di sela aksi demo.

Diakuinya, persoalan Jalan Protokol Hamparan Perak yang rusak, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Ketua DPRD Sumut kemarin turun ke loaksi.

"Tiga minggu yang lalu, PUPR bersama Ketua DPRD Sumut sudah melihat Jalan Protokol Hamparan Perak sampai dengan Klambir Lima kebun. Disitu, mereka menyampaikan agar warga bersabar untuk perbaikan jalannya," akunya.

Disinggung, truk pengangkut rambung, tanah dan BBM yang mengangkut berlebihan sehingga mengakibatkan jalan rusak. Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan penindakan terhadap truk-truk tersebut.

"Sudah kita lakukan razia di Tandem. Hanya saja mereka mainya malam sehingga tidak terpantau lagi," katanya. (Kinoi)