Akhyar Hadiri Resepsi Makan Malam Perkenalan Konjen Tiongkok

Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution berfoto bersama di resepsi Konjen Tiongkok untuk Kota Medan.
MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi MH menghadiri acara  Resepsi Makan Malam Perkenalan  Konsulat Jendral (Konjen) Tiongkok untuk Kota Medan,  Qiu Weiwei di Grand Aston City Hall, Kamis (25/7/2019) malam.  Resepsi  ini digelar untuk memperkenalkan  Qiu Weiwei  yang baru bertugas di Kota Medan menggantikan Konjen Tiongkok  sebelumnya Sun Ang yang pindah tugas.

Resepsi makan malam yang berlangsung penuh keakraban ini  turut dihadiri Gubsu  Edy Rahmayadi diwakili Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumut Dr Wan Hidayati, sejumlah konjen negara sahabat, perwakilan Paguyuban Tiongkok yang ada di Kota Medan dan Sumut serta ratusan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Qiu Weiwei mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan di acara resepsi makan malam tersebut. Selain merasa senang, dia juga mengaku sangat  terhormat karena  bertugas di Kota Medan sebagai Konjen Tiongkok. Qiu Weiwei selanjutnya mengatakan, Indonesia, terutama Sumatera Utara merupakan mitra kerja penting bagi Tiongkok.

Qiu Weiwei selanjutnya mengungkapkan, Tiongkok telah menjadi tujuan ekspor utama banyak provinsi di Pulau Sumatera.  Ditambahkannya, hubungan kerjasama perdagangan import dan eksport antara Tiongkok dan Sumut saat ini memiliki pertumbuhan dua digit. Di samping itu Tiongkot juga telah melakukan kerjasama dalam pembangunan pembangkit listrik, jalan tol antara Medan dan Kuala Namu, pembangunan LRT di Palembang serta pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kemudian Qiu Weiwei berharap agar warga turunan Tiongkok yang berada di Sumut, maupun Kota Medan untuk mematuhi hukum lokal, menghormati kepercayaan dan adat istiadat. “Kemudian bekerja dengan semua pihak untuk mempromosikan pengembangan hubungan kerjasama yang lebih berkualitas,” kata Qiu Weiwei.

Gubsu diwakili  Kadisbudpar Sumut Dr Wan Hidayat mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Sumut mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Konjen Tiongkok yang baru, Qiu Weiwei.    “Semoga ke depannya dapat digagas peningkatan kerjasama antara Tiongkok dengan Indonesia, khususnya Sumut,” ungkap Wan Hidayat.

Bagi Indonesia, khususnya Provinsi Sumut bilang Wan Hidayat, Tiongkok merupakan mitra kerjasama yang sangat penting.          Apalagi beberapa waktu lalu, Presiden RI Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di KTT G20 di Osaka, Jepang. Dalam pertemuan itu telah tercapai sejumlah kesepakatan. Dia berharap kesepakatan yang telah dicapai itu akan semakin mempererat hubungan Indonesia dengan Tiongkok.

“Semoga ke depannya dapat digagas peningkatan kerjasama antara Tiongkok dengan Indonesia, khususnya Sumut. Apalagi kemitraan Provinsi Sumut dengan Tiongkok selama ini cukup erat, baik investasi, perdagangan maupun pariwisata. Di bidang perdagangan, kami berharap dukungan kerjasama terus ditingkatkan. Begitu juga bidang investasi, kami mengucapkan terima kasih karena berbagai perusahaan dari Tiongkok telah berinvestasi di Sumut,”  paparnya seraya beharap agar Qiu Weiwei juga mempromosikan seluruh destinasi wisata di Sumut kepada masyarakat Tiongkok.

Sebelum menggelar resepsi makan malam untuk memperkenalkan diri, pekan lalu, Qiu Weiwei lebih dulu mengunjungi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH. Selain bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan diri, Qiu Weiwei juga berharap hubungan antara Tiongkok dengan Kota Medan  semakin lebih baik lagi karena telah  dipererat dengan hubungan sister city antara Kota Medan dengan salah satu kota di Tiongkok yakni Chengdu.

Wali Kota pun menyambut baik kunjungan Qiu Weiwei tersebut. “Semoga kerjasama Tiongkok dan Kota Medan yang sudah terjalin dengan baik dapat kita tingkatkan. Selain itu Pemko Medan siap menerima investor Tiongkok yang ingin berinvestasi di Kota Medan.Dengan dmeikian hubungan kerjasama dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wali kota.(rel)