Pemko Medan Terus Lakukan Normalisasi Drainase

MEDAN - Normalisasi drainase terus dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya genangan air. Rabu (26/6), giliran drainase di Jalan Pintu Air II, Kelurahan Kuala Bekala, Kecamatan Medan Johor. Selain mengalami pendangkalan, drainase juga menyempit sehingga tak mampu menampun debit air ketika hujan turun. Alhasil, jalan dan halaman warga sekitar menjadi sasaran limpahan air.

Kehadiran petugas Dinas PU beserta satu unit alat berat mendapat apresiasi dari warga sekitar. Sebab, sudah lama warga sekitar mengeluh karena selalu menjadi langganan genangan air. Selain halaman dan rumah digenangi air, aktiftas mereka pun terganggu. Oleh karenanya mereka pun berharap agar Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH segera menyahuti keluhan warga.

Harapan warga langsung disikapi Wali Kota, Dinas PU langsung diturunkan untuk melakukan normalisasi sehingga aktifitas maupun kenyamanan warga tidak terganggu sekalipun hujan deras turun.  Kadis PU Kota Medan Isa Ansari mengerahkan pekerjanya beserta 1 unit backhoe loader guna mendukung kelancaran normalisasi.

Begitu tiba di lokasi, belasan petugas Dinas PU pun langsung melakukan normalisasi. Dengan menggunakan cangkul dan sekop, mereka pun mengorek drainase yang telah mengalami penyempitan dan pendangkalan tersebut. Perlahan-lahan tanah yang menjadi pemicu pendangkalan dan penyempitan pun diangkat. 

Kemudian tanah hasil pengorekan ditempatkan dalam truk untuk selanjutnya dibawa menuju lokasi pembuangan. Sebab, Wali Kota tidak mau tanah hasil pengorekan diletakkan di pinggiran drainase karena rentan akan masuk kembali. Apalagi saat ini hujan rentan turun sehingga tidak tertutup kemungkinan drainase yang telah dikorek akan tersumbat kembali.

Di bagian yang sulit dikerjakan dengan menggunakan peralatan manual, Isa menurunkan alat berat, terutama untuk memecahkan permukaan drainase yang telah dibeton warga guna memudahkan pengorekan, termasuk mesin bor sehingga ‘tangan’ backhoe loader bisa menjangkau hingga ke dalam. “Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan hari ini, apa yang menjadi keluhan warga dapat diatasi,” kata Isa.

Usai melakukan normalisasi, Isa pun mengajak warga sekitar menjaga drainase dengan tidak membuang sampah ke dalamnya. Di samping itu mantan Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan itu berpesan kepada warga agar rutin melakukan pengorekan. “Apabila ada kendala yang ditemukan dalam pengorekan, sampaikan kepada Dinas PU, kita langsung turun untuk membantu, termasuk menurunkan alat berat,” ungkapnya.

Selain drainase di Jalan Pintu Air, Dinas PU juga melakukan pengorekan drainase di Jalan Amal, Kecamatan Medan Sunggal. Kali ini Kadis PU menurunkan petugas dari Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah Selatan. Pengorekan dilakukan untuk mengatasi drainase yang juga mengalami penyumbatan sehingga memicu terjadinya genangan air.

Disamping Dinas PU, pengorekan drainase juga dilakukan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umun (P3SU) Kecamatan Medan Perjuangan. Adapun drainase yang dikorek berada di Jalan Rakyat simpang Jalan Pelita 6, Kelurahan Sidorame Barat, Kecamatan Medan Perjuangan karena mengalami pendangkalan sehingga rentan terjadinya genangan air. (Rel/rom)