Masa Tugas Berakhir, Dubes AS Pamit ke Walikota Medan

MEDAN, POC - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat  (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr mengunjungi Balai Kota Medan, Kamis (20/6/2019). Selain bersilaturahmi, ada dua agenda yang dibawa dalam kunjungan tersebut. Di samping  ingin merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) hubungan kerjasama antara AS dengan Indonesia ke-70 di Kota Medan,  juga sekaligus menyampaikan salam perpisahan menyusul berakhirnya masa tugas Konsulat Jenderal  (Konjen) AS untuk Kota Medan Juha P Salin.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Asisten Pemerintahan dan Sosial Musaddad Nasution, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono serta Kadis Koperasi & UMKM Edliati langsung menyambut kedatangan Dubes AS beserta rombongan.

Joseph mengatakan, sudah hampir setahun dirinya tidak mengunjungi Kota Medan. Dirinya mengaku sangat senang setiap kali berada di Kota Medan. Kepada Wali Kota, Joseph menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemko Medan karena telah mendukung  penuh  tugas-tugas Juha P Salin maupun kegiatan lainnya yang digelar Konjen AS untuk Kota Medan.

Saat ini ungkap Joseph, pemerintah AS  fokus untuk meningkatkan perdagangan dan investasi dengan Indonesia. Oleh karenanya Joseph menyatakan siap untuk membawa  investor dari AS agar berinvestasi di  Indonesia, termasuk Kota Medan.

Saat ini papar Joseph, ada  investor dari AS yang berinvestasi di Kota Manado untuk membangun industri perikanan. “Selain Kota Manado, kita juga siap berinvestadi di kota-kota lainnya di Indonesia, terkhusus Kota Medan. Jadi kita siap membantu apa yang dibutuhkan Kota Medan saat ini,"ujarnya.

Kepada Joseph, Wali kota menyampaikan ucapan terima kasih karena telah memilih Kota Medan sebagai tempat dibangunnya Kantor Konsulat AS. Selanjutnya Wali Kota mengaku sangat gembira karena Dubes AS akan membawa investor dari AS untuk berinvestasi di Kota Medan.

Sebagai apresiasi atas kunjungan tersebut, Wali Kota memberikan cindera mata kepada Dubes AS. Selain Songket Deli, Wali Kota  juga memakaikan tengkulok (penutup kepala khas suku Melayu) beserta cindera mata berupa Batik Medan serta plakat berlatar belakang Istana Maimun. (mar)