CMC 2019 Meriahkan HUT Kota Medan Ke-429

MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi didamping Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Lubis menyaksikan pagelaran Colourful Medan Carnival (CMC) 2019 yang berlangsung di Jalan Pulau Pinang, Minggu (30/6). Event yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan tersebut merupakan rangkaian acara dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan  HUT Kota Medan ke-429 yang jatuh pada 1 Juli, esok. Tujuannya agar seluruh warga dapat ikut serta memeriahkan dan merayakan HUT Kota Medan.

Mengangkat tema ‘’Bersatu Dalam Khebinekaan, Bersinergi Dalam Mewujudkan Medan Kota Masa Depan Yang Multikultural, Berdaya Saing, Humanis, Sejahtera dan Religius’’, CMC diisi dengan penampilan tarian multietnis, komunitas marching band Kota Medan, fashion show Batik Medan yang diperagakan oleh 30 orang model, pameran mobil antik serta karnaval busana/pakaian adat etnis yang ada Sumut, khususnya Kota Medan. Ribuan warga yang hadir tampak antusias menyaksikan seluruh rangkaian acara. Tidak hanya itu, wisatawan mancanegara yang tengah berkunjung ke Kota Medan juga terlihat berbaur dan menikmati jalannya acara.

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan CMC 2019 merupakan kedua kalinya digelar untuk memeriahkan hari jadi Kota Medan ke-429. Oleh karenanya, melalui event tersebut Wakil Wali Kota mengajak seluruh warga Kota Medan untuk dapat ikut memeriahkan dan meramaikan serta bergembira bersama dalam merayakan HUT Kota Medan. Sebab, seluruh kegiatan yang digelar bertujuan untuk memberikan hiburan bagi warga yang selama ini telah mendukung penuh upaya Pemko Medan dalam percepatan pembangunan kota.

‘’Alhamdulillah, ini (CMC 2019) untuk yang kedua kalinya kita gelar. Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan HUT Kota Medan ke 429. Untuk itu, kami mengajak seluruh warga Kota Medan untuk bergembira dan bersuka cita bersama dalam suasana perayaan HUT Kota Medan yang kita cintai ini. Banyak event yang kita selenggarakan, termasuk malam hiburan rakyat di Istana Maimun,’’ kata Wakil Wali Kota didampingi Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono.

Selanjutnya, orang nomor dua di Pemko Medan tersebut mengungkapkan CMC akan digelar di tahun berikutnya. Sebab, ajang tersebut juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para kaum muda khususnya yang memiliki bakat di dunia modeling dan fashion dapat meyalurkan bakat yang mereka miliki. Di samping itu, lanjut Akhyar, CMC juga diharapkan dapat menjadi industri kreatif yang terus berkembang sehingga dapat membawa nama Kota Medan hingga ke kancah nasional maupun internasional demi kemjauan bersama.

‘’Perayaan ini menjadi momentum bagi kita untuk mengajak seluruh warga agar menjaga dan merawat Kota Medan sehingga dapat menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius. Mari kita wujudkan bersama karena Medan adalah rumah kita,’’ pungkasnya seraya mengajak seluruh pihak untuk ikut serta berkontribusi membawa Kota Medan menjadi lebih baik di segala bidang.

Acara yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB tersebut berlangsung meriah dan semarak. Selain penampilan yang menunjukkan khas Kota Medan, CMC 2019 juga turut dimeriahkan penampilan dari Jember Fashion Carnaval serta pertunjukkan kebudayaan khas Sumut salah satunya lompat batu dari Nias. Tampak hadir dalam acara tersebut sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan. (rel/rom)