30 Pejabat Eselon III Pemko Medan Ikut Diklat Leadership -->

Advertisement

Advertisement

30 Pejabat Eselon III Pemko Medan Ikut Diklat Leadership

Senin, 17 Juni 2019

MEDAN, POC - Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Diklat Effective Leadership Training For Best Echelon III di Lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (17/6/2019). 
Diklat  yang diikuti 30 peserta ini dibuka Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) Kota Medan Renward Parapat. Pembukaan diklat ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua peserta oleh Asmum didampingi Kepala BKDPSDM Kota Medan Muslim Harahap.
Para peserta yang berasal dari sejumlah OPD itu selanjutnya akan mengikuti diklat selama 4 hari. Sejumlah materi menyangkut leadership akan disampaikan sejumlah narasumber di antaranya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (Fisip USU).
Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asmum mengatakan, diklat digelar untuk membentuk serta menciptakan pola pikir serta metode kepemimpinan bagi eselon III. Dengan demikian mereka nantinya diharapkan dapat menjadi seorang abdi negara dan abdi masyarakat yang mampu berpikir kreatif dan inovatif.
‘’Kegiatan (diklat) ini sangat penting bagi kita guna membentuk pribadi diri yang lebih baik lagi, terlebih dalam mengemban tugas sebagai seorang pelayan bagi masyarakat,’’ kata Renward.
Selain itu  Renward juga mengungkapkan, diklat digelar agar para ASN eselon III dapat lebih mengetahui tupoksinya masing-masing serta mampu menjadi penghubung ke pejabat eselon II. ‘’Tujuan utama diklat ini diadakan agar eselon III dapat mengerti tupoksinya sehingga mampu menciptakan sinergi dan kolaborasi dengan eselon II. Disamping itu juga mampu menjadi pengawas bagi eselon IV dalam setiap pekerjaan,’’ ungkapnya.
Mantan Kadishub Kota Medan itu selanjutnya mengingatkan, setiap ASN harus mampu memiliki kemampuan beradaptasi. Sebab, iklim pekerjaan akan senantiasa berubah-ubah. Untuk itu, ASN harus memiliki kemampuan untuk menguasai dan mampu menyikapi dinamika dalam bekerja. Oleh karenanya, Renward berharap agar para peserta megikuti jalannya diklat dengan penuh.

‘’Tugas kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat merupakan tanggung jawab besar yang menyangkut kemaslahatan hidup orang banyak. Jadi dibutuhkan kemampuan yang mumpuni untuk menjalankannya agar tujuan serta pencapaian kerja dapat terealisasi. Untuk itu saya berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti diklat ini dengan penuh antusias dan keseriusan sehingga ilmu yang didapat dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. terutama dalam bekerja,’ pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BKDPSDM Kota Medan Muslim Harahap mengungkapkan ada sejumlah materi yang akan disampaikan para narasumber di antaranya cara membangun hubungan relasi yang baik, meningkatkan penampilan diri serta memahami esensi kepemimpinan. ‘’Semoga diklat ini dapat memberi manfaat untuk mendukung pekerjaan para eselon III dalam meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat,’’ kata Muslim. (mar/rel)