Akhyar Safari Ramadhan Di Masjid As Syafiyah, Sekda Di Masjid As Sholihun

MEDAN, POC - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid As Syafiah, Jalan Purwosari, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Rabu (29/5/2019). Ini merupakan Safari Ramadhan terakhir yan g dilakukan orang nomor dua di Pemko Medan tersebut setelah sebelumnya mengunjungi sejumlah masjid di Kota Medan untuk  bersilaturahmi sekaligus menyerap langsung aspirasi dari masyarakat.

Kepada ratusan jemaah yang hadir dalam Safari Ramadhan tersebut, Wakil Wali Kota menjelaskan, Safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemko Medan setiap bulan suci Ramadhan tiba. Dikatakannya,  bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman, mereka mendatangi sejumlah masjid.

Selain buka puasa bersama dan Shalat Maghrib berjemaah, jelas Wakil Wali Kota, Safari ramadhan juga diisi dengan pemberian bantuan untuk pembangunan dan kemakmuran masjid serta pemberian santunan bagi anak yatim yang bermukim di wilayah sekitar masjid tersebut.

Tujuan dari Safari Ramadhan yang dilakukan ini kata Wakil Wali Kota, guna  meningkatkan serta mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, termasuk alim ulama sehingga terbangun rasa kebersamaan. “Dengan terbangunnya rasa kebersamaan dapat menjadi energi untuk sama-sama memberi dan melakukan yang terbaik bagi Kota Medan,” kata Wakil Wali Kota.

Lebih jauh Wakil Wali Kota memaparkan, Pemko Medan saat ini terus melakukan pembangunan guna menjadikan Kota Medan menjadi kota yang lebih maju dan unggul dalam berbagai bidang. Sekaitan itulah segala upaya pembenahan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat  terus dilakukan sehingga masyarakat merasakan hasilnya.

Di kesempatan itu Wakil Wali Kota kembali mengajak dan mengedukasi masyarakat, terutama seluruh jemaah Masjid As Syafiah untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. “Jangan jadikan lahan kosong menjadi tempat pembuangan sampah karena ingin terhindari dari kewajiban membayar retribusi sampah. Mari kita ubahmindset dan perilaku tersebut, sehingga Kota Medan akan menjadi kota yang nyaman bagi semua," ajaknya. 

Safari Ramadhan diawali dengan pemberian bantuan untuk Masjid As Syafiah oleh Wakil Wali Kota dan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 100 orang anak yatim. Setelah itu diisi dengan tausiah yang disampaikan Al Ustadz Husni Thamrin Rambe. Usai Shalat Maghrib berjemaah diteruskan dengan makan malam bersama sekaligus menerima berbagai masukan maupun keluhan yang disampaikan masyarakat.

Di tempat terpisah, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman juga memungkasi Safari Ramadhan di Masjid Ash Sholihun Jalan Sehati, Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (29/5). Dalam Safari Ramadhan terakhir tersebut, Sekda juga memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim dan bantuan sebesar Rp.40 juta dari Pemko Medan untuk pembangunan sekaligus kemakmuran Masjid Ash Sholihun.

Setelah menyampaikan sejumlah program pembangunan, Sekda juga menggunakan momen tersebut untuk menyerap aspirasi maupun keluhan langsung dari masyarakat yang nantinya akan ditindaklanjuti melalui OPD terkait. Serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan mendukung penuh pembangunan yang dilakukan.

“Di samping itu saja juga mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan agar membayar zakat fitrah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mari kita lakukan kewajiban kita dengan membayar zakat fitrah sehingga nantinya kita semua dapat menikmati Hari Raya Idul Fitri,"pungkasnya. (mar/rel)