Pemko Medan Apresiasi Apel Siaga Kelistrikan

MEDAN, POC - Sebagai kebutuhan mendasar yang sangat diperlukan guna mendukung dan mensukseskan kelancaran jalannya Pemilu 17 April mendatang, PT PLN diharapkan mampu menjaga ketersediaan pasokan listrik di Kota Medan. Hal ini penting agar pesta demokrasi yang berlangsung nantinya dapat berjalan dengan lancar baik di saat hari pencoblosan maupun hingga proses perhitungan suara. Sebab, jika ketersediaan listrik tidak mencukupi, dikhawatirkan dapat mengganggu jalannya Pemilu.

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan hal itu saat memimpin Apel Siaga Kelistrikan di Lapangan Benteng, Kamis (12/4/2019). Apel yang digelar PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara (UIW Sumut) tersebut, bertujuan untuk memastikan kesiapan dalam menjaga kehandalan pasokan listrik untuk persiapan Pemilu pada 17 April mendatang.

Dalam arahannya, Wakil Wali Kota mengucapkan apresiasi kepada PT PLN UIW Sumut atas kesigapan PT PLN mendukung pelaksanaan Pemilu, khususnya di Kota Medan. ‘’Pemko Medan mengapresiasi Apel Siaga Kelistrikan yang digelar PT PLN. Sebab, menunjukan seluruh pihak terkait, termasuk PT PLN turut serta mensukseskan jalannya pemilu mendatang. Apalagi, listrik merupakan hal mendasar yang sangat dibutuhkan tidak hanya saat Pemilu, namun juga dalam aktifitas kita sehari-hari,’’ kata Wakil Wali Kota.

Kemudian Wakil Wali menekankan, setiap hal harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Artinya, jangan sampai ada kendala yang akan mengganggu Pemilu nanti. Selain itu, kepada seluruh petugas PT PLN harus mengutamakan budaya peduli, tanggap sekaligus berkomitmen bahwa tidak ada yang lebih penting daripada keselamatan diri.

‘’Seluruh peralatan kerja, alat pelindung diri, armada pelayanan tekhnis serta peralatan pendukung pendukung lainnya harus dipastikan dalam kondisi yang siap dan sesuai dengan standart keamanan karena sangat dibutuhkan, guna mendukung pengamanan pasokan listrik sekaligus menjaga agar seluruh petugas bekerja sesuai  Standart Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,’’ tegasnya.

Dihadapan Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan HM Husni, General Manager PT PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto dan Ketua KPU Sumut Yulhasni yang turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota berharap agar seluruh petugas dapat memiliki dan mengutamakan  3 prinsip dalam bertugas yakni professional, proporsional dan prosedural.

‘’Kami percaya bahwa PT PLN mampu memastikan pasokan listrik aman saat Pemilu nanti. Untuk itu, saya berharap seluruh petugas dapat saling bersinergi dalam bertugas karena kelancaran jalannya Pemilu juga menjadi bagian dari tanggung jawab PT PLN. Tetap semangat dan senantiasa menjaga keselamatan diri selama bekerja,’’ pungkasnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, Apel Siaga Kelistrikan tersebut dilakukan guna mengecek kesiapan seluruh petugas beserta peralatan kerjanya. ‘’Hal ini kami (PT PLN UIW Sumut) lakukan untuk memastikan kesiapan mendukung berlangsungnya Pemilu dengan tenang dan lancar tanpa adanya pemadaman listrik,’’ ungkap Feby.

Selanjutnya, Wakil Wali Kota bersama Kadis DKP, GM PT PLN UIW Sumut dan Ketua KPU Sumut berkeliling menghampiri satu-persatu barisan petugas. Hal itu dilakukan guna mengetahui dan mendengar langsung kesiapan seluruh petugas sekaligus melihat peralatan kerja yang digunakan selama bertugas. (mar)