Hj Rita Maharani Apresiasi Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumut -->

Advertisement

Advertisement

Hj Rita Maharani Apresiasi Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumut

Minggu, 14 April 2019

MEDAN, POC - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Hj Rita Maharani SH menghadiri puncak acara Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara 2019 di Gelanggang Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed), Sabtu (13/4/2019). Lomba  ini digelar dalam rangka melestarikan dan menghidupkan kembali kesenian dan budaya Melayu di tengah-tengah masyarakat.

Event ini terselenggara berkat kerjasama Unimed dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Ratusan peserta mengikuti perlombaan yang digelar dalam rangka mengenalkan kembali onrmaen Melayu yang mulai terlupakan di tengah masyarakat kepada masyarakat, terutama generasi muda.

Didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny Nawal Lubis, Gubsu Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi digelarnya Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara 2019. Dia menilai kegiatan ini sebagai salah satu upaya mewujudkan Sumut bermartabat.

Dikatakan Gubsu, Sumut yang bermartabat adalah mengenal dan melestarikan identitas serta keberagaman seni dan tradisi yang dimiliki, salah satunya  seni dan kebudayaan Melayu yang mulai luntur dan terkikis di tengah masyarakat. “Kegiatan seperti ini sangat membantu melestarikan dan menghidupkan kembali kesenian Melayu di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, Melayu tak akan hilang dari bumi Melayu,” kata Gubsu.

Selanjutnya Gubsu berharap akan semakin banyak nantinya kegiatan seperti ini. Tidak hanya perlombaan desain ornamen tetapi juga semua, baik itu tarian, musik maupun kebudayaan. “Mari kita bengkitkan kembali seni dan budaya dari semua etnis di Sumut,” ungkapnya.

Di hadapan seluruh yang hadir Gubsu kemudian mengungkapkan, dirinya akan melihat desain kreasi ornamen yang keluar sebagai pemenang dalam perlombaan tersebut. Kemudian akan dipilih dan dijadikan motif yang cocok untuk dijadikan pakaian kerja pada hari tertentu di lingkungan Provinsi Sumut.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani SH, sangat mengapresiasi atas digelarnya Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara 2019. Sebab, melalui perlombaan tersebut seluruh masyarakat Sumut, termasuk Kota Medan dapat lebih mengenali dan mengetahui berbagai ornamen khas yang ada dalam adat dan suku Melayu.     "Alhamdulillah, kita sangat mengapresiasi atas digelarnya perlombaan ini. Melalui perlombaan ini, masyarakat akan mengetahui lebih jauh tentang seni dan budaya Melayu. Terlebih lagi, Kota Medan merupakan Tanah Deli yang memiliki berbagai peninggalan khas Melayu,” ujar Hj Rita Maharani.

Kemudian Hj Rita Maharani berharap kepada seluruh masyarakat, terutama para generasi muda agar jangan melupakan sejarah Melayu, termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Apalagi Melayu menjadi identitas yang melekat pada Kota Medan, sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Selain itu Hj Rita Maharani yang juga  Ketua TP PKK Kota Medan berharap agar para peserta yang keluar sebagai pemenang dalam perlombaan, supaya terus mengasah diri dan kemampuan sehingga senantiasa menghasilkan karya-karya terbaiknya di bidang desain.

"Saya merasa senang melihat tingginya antusiasme masyarakat mengikuti perlombaan ini. Hal ini membuktikan masyarakat  cinta dengan kebudayaan Melayu. Semoga karya yang  dihasilkan dapat memberikan kontribusi dalam memajukan dan membawa desain Melayu ke tingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Puncak acara perlombaan dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kota Medan mendampingi Ketua Dekranasda Pemprovsu menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada pemenang yang berhasil keluar sebagai juara dalam perlombaan tersebut. (mar)