PKFI Siap Dukung Wali Kota Tingkatkan Derajat kesehatan Warga -->

Advertisement

Advertisement

PKFI Siap Dukung Wali Kota Tingkatkan Derajat kesehatan Warga

Senin, 11 Maret 2019

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S  MSi MH menerima kunjungan pengurus Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFI) Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (11/3/2019). Selain bersilaturahmi dan memperkenalkan diri, PKFI berharap agar dilibatkan Pemko Medan dapat setiap program kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Medan.

Didampingi Kadis Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi, Wali Kota menyambut baik kedatangan pengurus PKFI Kota Medan yang dipimpin dr Ameta Prima Sari Tarigan. Ameta menjelaskan, organisasi yang dipimpinnya ini merupakan perhimpunan klinik swasta yang ada di Kota Medan.

“Itu sebabnya kami berharap kepada Bapak Wali Kota agar dapat dilibatkan untuk mendukung seluruh program kesehatan yang dijalankan Pemko Medan. PKFI Kota Medan siap mendukungnya sehingga kesehatan warga menjadi lebih baik lagi,” kata Ameta.

Di samping itu tambah Ameta lagi, PKFI juga sangat mengharapkan program kerjasama agar klinik yang tergabung dalam PKFI ini dapat berkembang. Kemudian demi kelanjutan operasional klinik-klinik yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara, Ameta berharap agar Wali Kota dapat mengeluarkan aturan tentang jarak berdirinya satu klinik dengan klinik lainnya.

“Saat ini jarak klinik yang satu dengan yang lainnya banyak berdekatan. Tentunya ini akan berdampak dengan kelangsungan klinik ke depannya. Oleh karena itu melalui kesempatan ini, kami sangat mengharapkan agar kiranya Bapak Wali Kota dapat mengatur jarak untuk mendirikan klinik. Dengan demikian klinik-klinik yang ada dapat lebih maju ke depannya,” harapnya.

Dalam pertemuan dengan Wali Kota tersebut, selain bersilaturahmi dan memperkenalkan diri, Ameta beserta pengurus yang hadir  juga minta kesediaan Wali Kota untuk menjadi penasehat PKFI Kota Medan, sedangkan Kadis Kesehatan menjadi pembina.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengucapkan selamat atar terbentuknya PKFI Kota Medan. Kehadiran PKFI diharapkannya dapat mendukung Pemko Medan dalam meningkatkan derajat kesehatan warga. Atas dasar itulah Wali Kota sangat mengapresiasi tawaran kerjasama yang dismapaikan PKFI, sebab keberadaan klinik-klinik memang dibutuhkan masyarakat selain puskesmas maupun rumah-rumah sakit.

"Pemko Medan menyambut baik atas tawaran kerjasama dari PKFI Kota Medan. Tentunya dengan kerja sama ini akan semakin meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Medan. Untuk program kesehatan yang akan disinergikan, PKFI dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” kata Wali Kota.

Kemudian terkait dengan permintaan untuk mengatur jarak pendirikan klinik, Wali Kota pun mendukungnya. Oleh karenanya Wali Kota langsung menginstruksikan Kadis Kesehatan segera mempelajarinya. Setelah itu  disinergikan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait saat pengurusan izin klinik dilakukan. Dengan demikian jarak satu klinik satu dengan klinik lainnya terjaga dan teratur dengan baik sehingga klinik-klinik yang ada di Kota Medan semakin maju dna berkembang. (ril)