Dihuni 732 Pedagang, Pasar Kampung Lalang Beroperasi 1 April

MEDAN, POC - Pembangunan Pasar Kampung Lalang dinilai sudah layak ditempati. Direncanakan 1 April nanti pedagang sudah menempati kios-kios di dalam pasar.

Hasil tinjauan Komisi C DPRD Medan ke Pasar Kampung Lalang, Selasa (26/3/2019), pembangunan tampak sudah rampung dan layak dioperasionalkan. Selain itu, PD Pasar Kota Medan telah melakukan pengundian terhadap 732 pedagang yang akan menempati Pasar Kampung Lalang.

"Kami harap 1 April nanti tak ada lagi pedagang yang berjualan di luar areal pasar. Kita juga minta pihak Satpol PP melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (pkl) agar operasional pedagang yang berada di dalam pasar tak terganggu,"ujar Ketua Komisi C, Boydo HK Panjaitan saat meninjau Pasar Kampung Lalang.

Dia juga meminta agar PD Pasar Kota Medan tidak menambah pedagang. Saat ini yang terdata 732 pedagang, jika terjadi penambahan dikuatirkan akan menimbulkan masalah baru.

"Jangan lagi ada penambahan pedagang, dengan kondisi Pasar Kampung Lalang saat ini semuanya sudah layak dan pasar ini bisa menjadi percontohan bagi pasar lainnya yang ada di Kota Medan," kata Boydo yang didampingi beberapa anggota komisi C lainnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan PD Pasar agar Pasar Kampung Lalang tak bernasib sama seperti Pasar Sukaramai. Akibat pembiaran PKL di luar areal Pasar Sukaramai, pedagang resmi menjadi kurang pemasukan. Karena pembeli lebih memilih berbelanja di luar pasar ketimbang di dalam.

"Kita berharap Pasar Kampung Lalang tak bernasib sama seperti Pasar Sukaramai. Makanya, semua pedagang harus berjualan di dalam, jangan ada yang diluar,"imbaunya.

Selain itu dia berharap, agar pedagang Pasar Kampung Lalang tetap solid, serta tidak lagi terpecah sehingga situasi pedagang dalam berjualan bisa kondusif dan nyaman.

"Dari hasil peninjauan kita setelah kemarin dilakukan pencabutan nomor kios, Pasar Kampung Lalang ini sudah bisa ditempati. Janji yang pernah kita sampaikan bahwa sebelum berakhirnya bulan Maret sudah tuntas. Perjuangan kami sudah selesai," tegas Boydo.

Dari hasil tinjauan tersebut, seluruh area gedung bangunan sudah layak dan tinggal dilakukan penataan ruangan oleh 732 pedagang. (rom)