Atasi Banjir di Sunggal, 3 Drainase Dinormalisasi

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengerahkan jajaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk menormalisasi drainase dan pembersihan  di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (1/3/2019). 

Adapun lokasi drainase yang dinormalisasi berada di tiga ruas jalan berbeda yakni Jalan Amal, Jalan Seroja dan Jalan Bunga Asoka. Pasalnya, kondisi drainase di ketiga ruas jalan tersebut sangat memprihatinkan. Selain pendangkalan, drainase juga terumbah oleh tanah dan sampah. Kondisi itulah yang menyebabkan kawasan ketiga ruas jalan itu selama ini menjadi langganan genangan air ketika hujan deras turun.

Guna menindaklanjuti instruksi Wali Kota, Kadis PU Kota Medan Isya Anshari mengerahkan 200 orang petugasnya. Untuk mendukung kelancaran normalisasi, Isya juga menurunkan sejumlah dump truck untuk mengangkat lumpur dan sampah hasil normalisasi  serta alat berat  beckholoader.

Di samping 200 petugas dari Dinas PU, normalisasi juga dibantu personel dari Kodim 0201/BS sebanyak 100 orang, Polsekta Medan Sunggal (10 orang) dan jajaran Kecamatan Medan Sunggal (200 orang). Proses normalisasi yang dilakukan mulai sejak pagi tersebut berjalan dengan lancar, seluruh personel yang terlibat tampak bahu membahu melakukan normalisasi.

Ditambah lagi kehadiran backhoeloader semapin mempercepat prosesn normalisasi. Tanpa kesulitan, tanah dan sampah yang selama ini menyebabkan drainase tersumbat dan mengalami sendimentasi pun berhasil diatasi. Seluruh material hasil pengorekan drainase selanjutnya diangkut dump truck untuk dibuang ke lokasi pembuangan.

“Normalisasi yang kita lakukan pagi ini bersama jajaran Kodim 0201/BS, Polsekta Medan Sunggal dan jajaran Kecamatan Medan Sunggal untuk mengembalikan fungsi drainase untuk menampung dan mengalirkan air menuju pembuangan akhir. Sudah lama drainase tidak berfungsi karena terumbat dan mengalami sendimentasi. Jadi pagi ini  kita bekerjasama mengatasinya,” kata Isya.

Apalagi tambah Isya, Wali Kota pun telah mengistruksikan langsung setelah mendengar kjeluhan dari warga sekitar yang selama ini menjadi langganan genangan air setiap kali hujan deras turun. “Semoga kerjasama yang kita lakukan ini dapat mengatasi keluhan warga,” ungkapnya.

Mantan Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan itu selanjutnya menambahkan, pembersihan drainase seperti ini akan rutin di lakukan setiap hari Jumat. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti himbauan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi untuk menggalakkan kembali gotong royong.

"Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah menginstruksi untuk menggalakkan kembali kegiatan pembersihan lingkungan yang disebut dengan istrilah Jumpa Berlian (Jumat Pagi bersihkan Lingkungan Anda). “Jadi setiap Jumat, kita akan melaksanakan kegiatan Jumpa Berlian dengan lokasi yang berbeda-beda,” jelasnya.

Normalisasi dan pembersihan yang dilakukan Dinas PU bersama Kodim 0201/BS, Polsekta Medan Sunggal serta jajaran Kecamatan Medan Sunggal mendapat apresiasi penuh dari warga sekitar. Mereka berharap normalisasi yang dilakukan dapat mengatasi genangan air yang selama ini terjadi.

“Atas nama warga, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan. Sebab, beliau cepat merespon dan menindaklanjuti keluhan kami. Setelah normalisasi ini dilakukan, kami (seluruh warga) akan menjaga kebersihan drainase sehingga tidak tersumbat lagi,” ungkap Anas (54), salah seorang warga sekitar. (mar)