YKI Gelar Workshop dan Seminar Kanker Mata Pada Anak -->

Advertisement

Advertisement

YKI Gelar Workshop dan Seminar Kanker Mata Pada Anak

Jumat, 08 Februari 2019

MEDAN, POC - Saat ini penyakit kanker merupakan penyakit yang masih menjadi perhatian utama di Indonesia. Sebab, angka kesakitan dan angka kematiannya yang masih tinggi. Namun dengan mengetahui sejak dini, penyakit ini bisa dicegah. 

Untuk itulah keberadaan Yayasan Kanker Indonesia dengan pusat di Jakarta dan cabang-cabangnya hampir di seluruh propinsi dan kabupaten di Indonesia tetap melaksanakan kegiatan yang membantu pemerintah untuk memerangi penyakit kanker di Indonesia, melalui tindakan promotif, prefentif, dan suportif.

Demikianlah dikatakan Ketua Yayasan Kanker Sumatera Utara, Evi Diana Sitorus pada acara  Seminar dan Wordshop Retinoblastoma di Medan, Jumat (8/2/2019). 

"Salah satu program kerja utama YKI adalah peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker pada anak-anak. Selama ini banyak sekali anggapan yang menyatakan bahwa penyakit kanker hanya terdapat pada usia dewasa terutama pada usia lanjut," ujar Evi.

Oleh karena itu, lanjutnya, salah satu rangkaian kegiatan ini nantinya adalah penyuluhan kepada masyarakat luas tentang penyakit kanker pada anak. Salah satunya adalah kanker pada bola mata yang dikenal sebagai retinoblastoma. 

"Pada kesempatan kegiatan ini di hari kedua besok juga akan dilaksanakan pelatihan Deteksi Dini Kanker Retinoblsatoma bagi dokter umum yang diharapkan akan menjadi lini terdepan dalam menemukan penyakit kanker retinoblastoma pada anak-anak secara dini," papar Evi Diana lagi.

Menurutnya, semua jenis penyakit kanker dapat disembuhkan bila ditemukan secara dini dan masih dalam tahap awal. "Saya sangat menyadari bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini masih banyak terdapat kekurangan disana-sini. Untuk itu atas nama YKI Sumatera Utara kami mohon kiranya dapat dimaafkan," ucap Evi Diana lagi. 

Tidak lupa pula juga, Evi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan bantuan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Terutama, lanjutnya, kepada pihak pimpinan Fakultas Kedokteran USU, pimpinan RS USU, pimpinan RS Mata Propinsi Sumatera Utara, Pengurus PERDAMI Cabang Sumatera Utara, Departemen Ilmi Penyakit Mata Fakultas Kedokteran USU. 

"Semoga semua yang kita upayakan ini mendapatkan petunjuk dan lindungan dari Allah SWT serta membawa manfaat yang besar untuk rakyat Indonesia khususnya di Sumatera Utara," harap Evi Diana.

Seminar dan workshop penyakit kanker mata untuk dokter umum dan untuk masyarakat ini, dilaksanakan YKI Sumatera Utara bekerja sama dengan Rumah Sakit USU, RS Mata Provsu dan Perdami cabang Sumut. (mar)