Wali Kota Lantik Kepala SD serta Pejabat Dinas Koperasi dan UMKM

MEDAN, POC - Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si, M.H. diwakili Sekda Ir. Wiriya Alrahman, MM. melantik 96 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan pejabat struktural di Dinas Koperasi dan UMKM, Senin (14/1/2019) di Ruang Rapat III, kantor Wali Kota Medan.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan keputusan Wali Kota tentang Pengangkatan Pejabat Struktural dan Kepala Sekolah juga pembacaan Fakta Integritas oleh pejabat yang dilantik. Lalu dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan oleh Sekda atas nama Wali Kota Medan didampingi rohaniawan Islam dan Kristen, Kemudian penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan.

Melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekda, Wali Kota menyebutkan, sebagai bagian dari bentuk rotasi, mutasi dan promosi, pelantikan merupakan hal yang biasa, namun penting dilakukan untuk pembangunan kelembagaan agar memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan publik sebagai seorang abdi negara.

Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai, sebut Wali Kota, dinilai dari kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara. Untuk itu, hendaknya seluruh kepala sekolah mampu menjadi roda penggerak kemajuan pemerintah dibidang pendidikan.

"Jabatan yang hari ini Saudara sandang bukan sesuatu yang dibanggakan namun untuk dipertanggungjawabkan. Saudara semua sudah berjanji bukan hanya dihadapan sesama tapi juga telah berjanji atas nama tuhan. Jabatan ini merupakan suatu amanah yang harus Saudara jalankan dengan amanah serta penuh totalitas dan loyalitas juga keiklasan, agar semua pekerjaan bernilai ibadah," kata Wali Kota.

Wali Kota juga mengingatkan para kepala sekolah tentang tugas manajemen sekolah yang berat, sehingga harus mampu melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, penggerak potensi sumber daya manusia, pengawasan dan penilaian, serta jeli dalam membaca arah dan perkembangan situasi sosial terkini.

Harus disadari, lanjut Wali Kota, manajemen sekolah yang digerakkan, akan mempengaruhi kualitas output sekolah. Diharapkan sekolah dapat menjadi rumah kedua bagi para anak didik sebagai titik sentral pembangunan etika, moral, prestasi, serta kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan kompeten.

Selain itu, tambah Wali Kota, kepala sekolah juga diharapkan mampu mengelola sekolah yang dipimpinnya dengan sebaik-baiknya sehingga berperan dalam pembangunan.

"Kepala sekolah jangan terjebak pada tujuan kuantitas pendidikan tetapi harus lebih fokus pada kualitas. Jangan hanya menciptakan murid yang pintar, lebih penting dari itu adalah pembangunan karakter," pesan Wali Kota.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh kepada segenap pejabat yang dilantik. (mar/ril)