Tim Gabungan Dishub Tertibkan Pool Liar, 6 Bus Diamankan -->

Advertisement

Advertisement

Tim Gabungan Dishub Tertibkan Pool Liar, 6 Bus Diamankan

Minggu, 20 Januari 2019

MEDAN, POC - Tim Gabungan Pemko Medan kembali melanjutkan penertiban termina (pool) liar yang masih beroperasi di sepanjang Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (19/1/2019). Selain tidak memiliki izin, keberadaan pool liar selama ini sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Dalam penertiban itu, tim gabungan mengamankan dan menahan sementara 6 unit bus serta menunda perjalanan.
Kali ini tim gabungan yang dipimpin langsung Kadis Perhubungan (Kadishub) Kota Medan Renward Parapat menurunkan 38 personel dengan perincian 26 personel dari Dishub Medan, Dit Samapta Poldasu (10 personel) dan Satlantas Polresek Patumbak (2 personel).  Penertiban dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dengan target  poll bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di sepanjang Jalan Sisingamangaraja.
Dikatakan Renward, selain pool bus AKAP/AKDP,  kenderaan bermotor yang parkir sembarangan dan berlapis  sehingga memicu terjadinya kemacetan juga menjadi target dalam penertiban tersebut. “Melalui penertiban yang dilakukan ini diharapkan tak ada lagi pool bus yang beroperasi di sepanjang Jalan  Sisingamangaraja,” kata Renward.
Penertiban berjalan dengan lancar, tim gabungan pun menertibkan sejumlah pool bus baik AKAP maupun AKDP yang masih beroperasi. Sebanyak 6 unit bus diamankan dan ditahan sementara yakni Bus PT Bayu 1 unit, Bus PT Putra Melayu (1 unit) serta Bus PT KBT (4 unit). Di samping itu tim gabungan juga menunda perjalan bus yang akan berangkat guna memberikan efek jera.
Selain mengamankan 6 unit bus, Renward dalam penertiban itu minta kepada pemilik pool untuk membuat surat pernyataan untuk tidak mengoperasikan pool tersebut. Dalam surat pernyataan itu juga, pengusaha atau pemilik poll menyatakan bersedia menerima sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.
Setelah Jalan Sisingamangaraja, Renward mengungkapkan, tim gabungan selanjutnya akan menertibkan pool liar yang ada di sepajanjang Jalan Jamin Ginting. Sama seperti Jalan Sisingamangaraja, kehadiran pool liar itu  menjadi salah satu  penyebab terjadinya kemacetan di Jalan Jamin Ginting, termasuk parkir berlapis.
"Untuk pool liar di sepanjang Jalan Jamin Ginting, kita sudah melayangkan surat peringatan ketiga. Itu sebabnya begitu penertiban pool liar di Jalan Sisingamangaraja selesai, kita langsung menertibkan  pol bus di sepanjang Jalan Jamin Ginting!” tegasnya. (mar/ril)