Kapolres Belawan Dan Kapoldasu Menghadiri Acara Penyerahan Sertifikat Tanah

BELAWAN, POC - Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan menghadiri acara penyerahan Sertifikat Tanah untuk warga Medan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang /BPN RI Sofyan A Djalil, Selasa (08/01/2019).

Penyerahan Sertifikat tersebut di laksanakan dalam Aula Hilir Ismail Jalan Garu lll Medan Amplas.

Sertifikat tanah secara gratis ini merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI.

Dalam kata sambutannya, Sofyan A Djalil mengatakan PTSL merupakan program pemerintah pusat untuk kemudahan masyarakat memiliki Sertifikat Hak Milik tanah.

Sebab dari 128 juta tanah,baru 48 Juta tanah yang telah disertifikatkan dan 80 juta tanah belum memiliki sertifikat.Karena pemerintah melalui PTSL di tahun 2025 menargetkan seluruh tanah di Indonesia memiliki Sertifikat," ucap Sofyan.

Sambungnya, Di Provinsi Sumatera Utara, ada 240 ribu tanah, baru 150 yang terdaftar, untuk kota medan hari ini 500 sertifikat diserahkan kepada warga dan di targetkan tahun 2019 sebanyak 900 ribu tanah akan bersertifikat,di tahun 2021 seluruh tanah di kota medan akan terdaftar dan bersertifikat," jelasnya.

Kapolres Belawan juga mengatakan, Penyuluhan tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap dan penyerahan sertifikat gratis kepada warga Medan oleh Menteri Agraria disaksikan oleh Para Pejabat yang hadir di Sumatra Utara" ucap Kapolres Belawan.

Dari pantauan awak media terlihat Kapolda Sumut dan Kapolrestabes serta Pejabat BPN Sumut ikut menandatangani berita acara penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Tata Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI Dr Sofyan A Djalil S, MH, Kapolda Sumut IrjenPol.Drs Agus Andrianto. SH. MH. Kanwil BPN Sumut Bambang Priono SH, MH, Kejatisu, Kapolrestabes Medan KombesPol Dr Dadang Hartanto SH.SIK. MSi, Wali Kota Medan Drs H T Zulmi Eldin MSi, Dir Intel Poldasu, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH, MH, Kakan Pertanahan Kota Medan Fahrul Husin Nasution SH, Mkn, Kapolsek Patumbak AKP Ginanjar SIK, Para Camat, Lurah Kepling dan ratusan warga Kota Medan. (Kinoi)